Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LokalJumat, 28 Februari 2014 - 13:30:43 WIB
LOKAKARYA SOSIALISASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK-ETAP) DAN PERPAJAKAN
Administrator | dibaca: 2915 Pembaca



Drs. Didik Eko Utomo, S.E., M.M., sebagai perwakilan KAP Drs. Thomas Blasius, Widartoyo dan rekan, memberikan penjelasan.

Pada tahun 2013 CU Pancur Kasih telah menerapkan SAK-ETAP untuk pelaporan keuangan lembaga. Supaya SAK-ETAP tidak asing lagi bagi seluruh managemen CU PK, maka diadakan lokakarya sosialisasi SAK-ETAP dan perpajakan bagi Penasihat, Pengurus, Pengawas, TOP Managemen, SPO, dan Manager TP. Sosialisasi ini dilaksanakan di lantai 3, Kantor Pusat CU Pancur Kasih, Jumat (21 Februari 2014).

Menurut Ketua CU Pancur Kasih, Dra. Norberta Yati Lantok, mengatakan, “Pengurus mempunyai kewajiban untuk memberikan dasar tentang audit eksternal sehingga  penyampaian informasi keuangan lebih jelas sampai kepada anggota  sehingga CU menjadi semakin lebih baik.” Ia menambahkan CU harus menyesuaikan dengan UU dan PP, yaitu salah satunya dengan melakukan audit eksternal yang bersertifikat.

Penjelasan mengenai secara rinci dan detail dari KAP difasilitasi oleh Drs. Didik Eko Utomo, S.E., M.M., sebagai perwakilan KAP Drs. Thomas Blasius, Widartoyo dan rekan. Didalam penjelasan mengenai standar Keuangan SAK-ETAP, Didik mengatakan bahwa Audit eksternal yang dilakukan berkaitan dengan penyajian laporan keuangan dan telah disesuaikan dengan standar Akuntansi yang berlaku di Indonesia. Pelaporan keuangan yang disusun berdasarkan Standart Akuntasi Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak Etap) lebih fleksibel dan sederhana sehingga mudah dalam implementasinya tanpa meninggalkan unsur standar pelaporan. Pada dasarnya sama dengan laporan keuangan umum tetapi istilahnya saja yang berbeda yang dipergunakan di dalam koperasi, misalnya kolom aktiva menjadi asset dan untuk kolom passiva menjadi kewajiban dan ekuitas.  Setiap pelaporan keuangan harus lengkap meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan yang berisi ringkasan kebijakan akuntansi yang signifikan serta kejelasan informasi.Peserta Lokakarya SAK-ETAP

Mengenai perpajakan, Didik berpendapat, “Tidak ada negara yang hidup tanpa pajak, kita bayar pajak untuk masa depan anak-anak bangsa. Pajak merupakan kontribusi wajib pada negara yang dapat dipaksanakan berdasarkan UU. Siapa yang menjadi wajib pajak? Adalah orang pribadi, Badan Usaha. sejak kapan? Sejak dilahirkan atau sejak menjadi wajib pajak. Kapan berakhirnya NPWP? Jia meninggal dunia/pindah WNA".

Sosialisasi SAK-ETAP dan perpajakan semoga dapat berguna untuk lembaga sehingga CU Pancur Kasih  tetap sehat dan aman baik secara eksternal maupun internal. CU Pancur Kasih harus terus dapat menyesuaikan diri dengan UU dan peraturan yang berlaku di pemerintah.

Barage CU Malangkah Repo!

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
 “Awal usaha saya hanya sebagai pensuplai buku-buku rohani. Melihat usaha teman yang ada di Jawa kemudian saya tertarik untuk belajar membuat patung. usaha pembuatan patung saya mulai sejak tahun 2001. Untuk mengembangkan usaha saya ini, saya pun bergabung menjadi anggota CU Pancur ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved