Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita InternasionalRabu, 05 September 2012 - 08:57:31 WIB
Apa Itu Credit Union ?
Administrator | dibaca: 3716 Pembaca




Kata Credit Union berasal dari bahasa latin, Credere yang berarti percaya dan Union yang berarti kumpulan/kesatuan (mengikat diri dalam suatu kesatuan).Jadi CU (Credit Union) adalah badan usaha yang dimiliki oleh sekumpulan orang yang saling percaya dalam ikatan pemersatu, yang bersepakat untuk menabungkan uang mereka sehingga menciptakan modal bersama guna dipinjamkan di antara sesama mereka dengan bunga yang layak untuk tujuan produktif dan kesejahteraan.

Credit Union kini tidak hanya berfungsi sebuah lembaga yang hanya mengelola keuangan, Credit Union juga merupakan sebuah gerakan yang didasari oleh sikap saling percaya. Tujuannya adalah untuk saling memberdayakan, memperkuat solidaritas, dan memperkokoh kesejahteraan masyarakat . dimana pelakunya adalah anggota itu sendiri. dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Pemberdayaan di segala aspek kehidupan anggota, mulai dari aspek ekonomi, moral-sosial, politik, dan hukum.ini memperjelas bahwa CU bukan hanya sebagai sebuah lembaga yang hanya mengelola keuangan saja.


Credit Union lahir dari pendidikan, berkembang melalui pendidikan dan bergantung dari penddikan, oleh karena itu setiap calon anggota(masyarakat) yang akan bergabung dengan CU wajib untuk mengikuti pendidikan. Tujuan utama pendidikan adalah untuk mengenal dan memperdalam seluk beluk Credit Union, penyamaan visi misi sebagai anggota Credit Union, perubahan-perubahan aspek mental, emosional, perubahan prinsip dan paradigma hidup.

Nilai-Nilai Credit Union
1. Menolong diri sendiri
2. Bertanggungjawab kepada diri sendiri
3. Demokrasi
4. Kesetaraan
5. Keadilan dan solidaritas
6. Kejujuran
7. Keterbukaan
8. Tanggungjawab Sosial
9. Peduli pada orang lain

Prinsip-Prinsip Credit Union
1. Keanggotaan terbuka dan suka rela
2. Pengawasan demokratis oleh anggota
3. Partisipasi anggota dalam kegiatan ekonomi
4. Otonom dan kemandirian
5. Pendidikan, pelatihan dan penerangan
6. kerjasama antar koperasi
7. Kepedulian terhadap masyarakat

Dasar-Dasar Credit Union

1.Kerja sama
2.Sikap dan tingkah Laku
3.Visioner
4.Keberanian
5.Pengorbanan
6.Integritas

Dengan Kepengurusan yang baru ini semoga CUPK semakin sehat dalam organisasi, sehat dalam usaha, sehat dalam administrasi. serta mampu membawa perubahan dan terus berinovasi.

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
“Dari SMA saya sudah membantu keluarga bekerja sebagai montir bengkel. Sejak saya bergabung menjadi anggota CU Pancur Kasih pada tahun 1998, saya membuka bengkel sendiri. Bersyukur sekali hingga saat ini usaha bengkel dan warung saya berkembang. Saat ini saya mulai bisa untuk menabung, dan ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved