Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita InternasionalJumat, 04 April 2014 - 09:38:50 WIB
Credit Union Membantu Kaum Perempuan di Ghana
Administrator | dibaca: 1735 Pembaca



Di Ghana, Perempuan menjalankan usaha keluarga. Pada kenyataannya, beberapa Credit Union disana menyatakan bahwa anggota Credit Union Perempuan lebih sering meminjam dibandingkan dengan anggota laki-l

Credit Union (Koperasi Kredit) saat ini sudah menjamur di seluruh dunia dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat kecil terlebih bagi perempuan-perempuan yang membuka usaha.  Para pengusaha perempuan bekerja keras untuk menghidupi kehidupan keluarga dan hidup mereka. Seperti halnya yang telah terjadi di Credit Union Kanada, salah seorang petugas yang melakukan perjalanan ke daerah Ghana menyebutkan bahwa perempuan disana harus bekerja lebih keras  dibandingkan dengan pebisnis-pebisnis perempuan yang secara online.

Loree Gray, Senior Vice President First West Credit Union mengelola $7.1 M daerah Langley, B.C, baru-baru ini melakukan perjalanan ke daerah Afrika Barat sebagai bagian dari program pelatihan Credit Union  Kanada. Gray, menghabiskan 3 minggu untuk mengunjungi CCA Ghana, melihat langsung bagaimana peran Credit Union sebagai alat dasar untuk membantu anggotanya untuk menghidupi keluarga mereka, khususnya bagi pengusaha perempuan yang berskala kecil yang harus bekerja untuk bertahan hidup.

Gray mengatakan, “Satu hal yang nyata bagi saya yaitu betapa kerasnya kehidupan perempuan disana untuk bekerja, baik secara fisik dan mental.” “Mereka memikirkan anak-anak, bahkan menggendong anak-anak pada saat sedang berjualan. Mereka tidak hanya menjual, tetapi juga bernegosiasi dan mendistribusikannya. Mereka melakukannya semua dan dalam waktu yang bersamaan.”

Perempuan di Ghana cenderung menjadi orang yang menggerakkan usaha keluarga sementara para pria melakukan perjalanan untuk mencari pekerjaan membantu kehidupan keluarganya. Perempuan yang menjadi pengusaha kebanyakan bergabung bersama Credit Union, melakukan pinjaman di Credit Union dan bertanggung jawab melunasi hutang tersebut. Hampir semua perempuan, menurut Gray, dapat dipercaya menjadi anggota Credit Union yang baik. Adanya pengusaha perempuan menjadikan bukti bahwa seorang perempuan dapat menginspirasi dan memberikan perubahan dalam masyarakat.

First West Credit Union telah mendukung CCA selama 1 dekade dengan memberikan lebih dari $ 305,000 untuk usaha pembangunan internasional. Kerjasama dalam bidang keuangan adalah komitmen First West Credit Union terhadap CCA , termasuk di dalamnya program pelatihan Mentor perempuan, dan program pelatihan Credit Union. Beberapa tahun yang lalu pimpinan First West Credit Union telah melakukan perjalanan ke Ghana, Malawi, Uganda, Taiwan, Sri Lanka dan Bostwana supaya terlibat dalam program pelatihan Credit Union, forum kepemimpinan perempuan, dan  belajar untuk berbagi informasi  dari seluruh koperasi yang ada di dunia.

 

 

Source:
Ditulis oleh Michael Muckian
http://www.cutimes.com/2014/03/10/credit-unions-help-ghanas-working-women
Terjemahkan by: Demtha Mulisa

 

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Meskipun masih tergolong anggota baru dalam CU Pancur Kasih, Paulus Emek sudah beberapa kali mengajukan pinjaman untuk menambah modal usaha yang digelutinya saat ini, Bengkel las teralis. Sejak awal usaha Pak Nuel, sapaan akrab baginya, modal yang digunakan masih berasal dari koceknya sendiri, ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved