Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LokalSenin, 14 April 2014 - 12:00:57 WIB
TOT: Fasilitator Pendidikan Dasar Menjadi Kunci Utama Anggota dalam Memahami Credit Union
Administrator | dibaca: 5019 Pembaca




TOT (Training of Trainer) CU Pancur Kasih telah dilaksanakan tanggal 10 – 12 April 2014. Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan program tahunan yang diikuti oleh SPO dan utusan Pokti area I. Kegiatan TOT dilaksanakan di kantor pusat CU Pancur Kasih, aula lantai 3. TOT tahun 2014 diikuti oleh 38 peserta dan difasilitasi oleh Pdt. Sucipto, S.Th, sebagai ketua 1 bidang Pendidikan, Drs. F. Y. Khosmas, M. Si selaku ketua CU Pancur Kasih, Gabriel Marto, S.Pd selaku sekretaris Pengurus, dan Oktavianus Kamusi, S.H selaku Staf ahli Credit Union. Pelatihan TOT dilaksanakan untuk memantapkan dan meningkatkan cara memberikan pendidikan kepada anggota agar anggota dapat menerima dan menyerap materi pendidikan dasar Credit Union dengan mudah.

Fasilitator tidak hanya memberikan materi yang monoton, tetapi juga peserta diajak untuk mempraktekkan materi tersebut dengan melakukan diskusi dan terutama melakukan simulasi menjadi fasilitator dalam memberikan materi pendidikan dasar I dan II. Hal ini membuat peserta mengikuti kegiatan dengan sangat antusias.

Dalam kegiatan penutup pelatihan banyak sekali saran dan tips yang diberikan oleh fasilitator supaya SPO dan Pokti nantinya dapat melaksanakan tugas dengan baik. Oktavianus Kamusi, S. H dan Gabriel Marto, S.Pd mengatakan bahwa sebagai fasilitator harus saling melengkapi dalam memberikan materi,  fasilitator juga harus bisa membuat kreasi sendiri misalnya dengan membuat alat peraga sehingga anggota dapat menerima materi dengan baik. Selain itu dalam memberikan pendidikan fasilitator harus tampil dengan prima. Gabriel Marto menambahkan bahwa seorang fasilitator juga harus bisa menyakinkan bahwa uang mereka yang dititip di CU akan berkembang dan memberikan manfaat yang luar biasa untuk memberikan pengharapan masa depan dan keluarga bagi anggota.

Sebagai perwakilan dari peserta yaitu Enny Adminda perwakilan tim Pokti Tp. Sui Jawi dan M. Suganda perwakilan pokti Tp. Sanggau Ledo memberikan pesan dan kesan mereka yang mengatakan bahwa pelatihan TOT harus bisa dilaksanakan secara berkesinambungan, banyak sekali ilmu-ilmu yang diperoleh yang dijadikan bekal untuk memberikan pelatihan. Semoga dengan terpilihnya pengurus-pengurus CU yang baru dapat membawa CU Pancur Kasih semakin lebih baik dan menjadi pilihan masyarakat.

Diakhir acara Ketua CU Pancur Kasih, Drs. F. Y. Khosmas, M. Si, memberikan saran dalam memberikan materi. Fasilitator jangan hanya terpaku pada teknologi, bagi yang memberikan pendidikan di daerah terpencil fasilitator harus bisa memanfaatkan berbagai macam media yang ada. Selain itu dalam memberikan contoh, fasilitator dapat mengambil contoh terhadap lingkungan sosial yang terdekat sehingga anggota tidak merasa bingung dan rancu dalam mencerna materi yang diberikan.           

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Anggota CU Pancur Kasih TP. Toho “Bergabung bersama Credit Union (CU)  dapat meningkatkan silahturahmi dan memperat persaudaraan karena adanya nilai kekeluargaan. Hal inilah yang membuat saya tertarik untuk menjadi anggota CU”, kata Usman kepada penulis. Usman adalah anggota CU ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved