Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita EkonomiSenin, 23 Juni 2014 - 10:56:53 WIB
Modal CU untuk Fokus Dengan Menjadi Pembeli TBS dari Petani Sawit
Administrator | dibaca: 2679 Pembaca




Menjadi pembeli Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit kemudian menjualnya ke perusahaan swasta  menjadi penghasilan utamanya dalam berbisnis dan membantu orang-orang yang ada disekitar lingkungan tempat tinggalnya di Lalang, desa Lesabela, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Ia adalah Adonsius, 49 tahun,  bergabung bersama CU Pancur Kasih sejak tahun 2006 di TP. Bengkayang.

“Karena TP di Ledo sudah mulai dibuka, saya akhirnya mutasi dari TP Bengkayang ke TP Ledo. Hal ini mempermudah saya dalam bertransaksi dan lebih dekat dengan tempat tinggal saya”, katanya saat menceritakan awal bergabung bersama CU PK.

Diawal menjadi anggota CU, pak Adon tidak memiliki kapling kelapa sawit sama sekali. Oleh sebab itu, ia pun berniat untuk mengajukan pinjaman kepada CU Pancur Kasih sebagai modal dasar kepercayaan dari CU untuknya. Pinjaman pertama ia gunakan untuk menambah jumlah simpanan yang ada. Setelah beberapa tahun kemudian, serta pinjaman pertamanya lunas, ia kemudian mencoba untuk mengajukan kembali pinjaman. Dengan pinjaman yang kedua inilah, pak Adon mulai membeli kapling tanah kelapa sawit dan mulai berusaha untuk menjadi pembeli TBS kelapa sawit dari petani-petani sawit yang ada di desanya.

Perkembangan usaha Pak Adon bertumbuh dengan pesat. Modal awal yang ia dapatkan dari CU Pancur Kasih ia kelola dengan baik sehingga jumlah kapling tanah kelapa sawit pak Adon, yang awalnya berjumlah 1 kapling, saat ini berjumlah 9 kapling tanah kelapa sawit yang sudah ditanam dan hasilnya sudah bisa dipanen setiap hari/ minggu, dan ditambah dengan 5 kapling tanah (± 10 ha) dengan kondisi kelapa sawitnya masih dalam tahap pembibitan, penanaman, dan perawatan dan saat ini sudah ada yang mulai berbunga (timbul buah pasir).

Banyaknya jumlah kaplingan tanah kelapa sawit membuat pak Adon harus memperkerjakan sebanyak 11  orang untuk membantunya dalam mengolah lahan kelapa sawit yaitu 8 orang untuk bagian panen dan 3 orang sebagai supir.

Hasil beli-jual TBS kelapa sawit dari petani ke pabrik perusahaan sawit ini pergunakan untuk menggaji karyawan, mengangsur kewajiban di CU, keperluan rumah tangga, dan tidak lupa ia juga menyisihkan uang yang didapatkannya ke tabungan Saaleatn, Sehat, dan Pangari. 

Pengalaman sukses ber- CU yang dialami oleh Pak Adon membuat keluarga dan teman-teman yang lain merasa tertarik. Ia menyarankan teman-teman lainnya untuk tidak gegabah dalam mengajukan pinjaman. “Jangan gegabah maksudnya, jangan terlalu emosi untuk mengajukan pinjaman. Misalnya pinjam 1 juta tetapi target pelunasannya itu belum bisa sampai 1 juta. Intinya harus bisa menilai kemampuan diri sendiri”, katanya saat menyampaikan pesan kepada teman-teman dan anggota keluarganya saat dirinya dijadikan penjamin pinjaman.

Dalam akhir wawancara penulis dengan Adonsius, ia sangat bersyukur bisa bergabung bersama CU, katanya, “Kita berhasil pun dibantu juga oleh CU”. CU membantu anggotanya dengan tidak memberatkan angsuran pinjaman anggota karena dengan sistem pembayaran bunga yang menurun. Dengan memperbesar jumlah angsuran dapat mengurangi jumlah bunga yang harus dibayarnya setiap bulan.

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Delly Handoko adalah salah satu anggota aktif CU Pancur Kasih TP. Subah. Menjadi anggota aktif tidak hanya terlibat dalam simpan dan pinjam tetapi juga menjadi tenaga sukarelawan (Volunteer) CU Pancur Kasih sebagai tenaga Pokti dan Kolektor (tim tagih).  Menjadi tenaga sukarelawan untuk CU ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved