Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita InternasionalSenin, 14 Juli 2014 - 11:40:30 WIB
Koperasi Kredit Semilla Melayani Akses Keuangan ke Daerah Pedalaman Meksiko
Administrator | dibaca: 1765 Pembaca




Koperasi Kredit Semila merupakan lembaga keuangan yang berada di daerah Meksiko. Wilayah pelayanannya melayani ke daerah pedalaman. Dengan dibantu dengan peralatan Pembantu Digital Pribadi (PDAs) dan pencetakan buku menggunakan mobile printer, koperasi ini melayani anggotanya sampai ke daerah terpencil yang tidak memiliki akses keuangan untuk meminjam dan menyimpan uang. Lembaga keuangan lain yang terdekat berjarak 10 – 25 km jauhnya dari tempat tinggal. Biasanya lembaga keuangan tersebut juga hampir tidak bisa membantu masyarakat pedalaman karena tidak pernah memiliki catatan peminjaman dan masyarakat tidak memiliki jumlah asset yang cukup untuk mendapatkan tambahan modal demi mengembangkan usaha yang dimiliki untuk mencapai kesejahteraan.

Diawal tahun 2004, WOCCU mencoba untuk mengatasi masalah keuangan di daerah pedalaman Meksiko. Melalui pendanaan dari pemerintah Meksiko dan Bank Pembangunan National, WOCCU menjalankan program teknis untuk membantu Credit Union meningkatkan peranannya dan memberdayakan masyarakat pedalaman.

Menurut Matt Garcia, Direktur WOCCU, mengatakan bahwa untuk membangun kantor cabang Credit Union yang baru memerlukan biaya yang cukup tinggi khususnya bagi daerah yang memiliki jumlah penduduk yang sedikit. Oleh sebab itu, WOCCU mempeluas pelayanannya ke daerah terpencil melalui investasi yang terjangkau secara individu dengan memanfaatkan teknologi.

Menurut Garcia, Koperasi Kredit Semilla memberikan akses pelayanan keuangan ke daerah terpencil secara sungguh-sungguh. Hal ini melayani masyarakat terpencil memerlukan biaya yang tinggi, resiko pelayanan yang tinggi dan resiko uang kembali yang rendah. Koperasi Kredit Semilla telah melakukan 3 kali phase percobaan untuk meyakinkannya.

Phase pertama, perkembangan yang secara relative belum sempurna. Petugas Credit Union melakukan tugasnya menggunakan sepeda motor ke masyarakat terpencil untuk memberikan pendidikan ekonomi, mencairkan pinjaman, mengumpulkan pembayaran dan tabungan dan melakukan pencetakan transaksi secara manual. Phase kedua, yaitu dengan mengubah methodology ke abad 21. Woccu menggunakan alat teknologi untuk mengurangi biaya seperti ATM, Mesin Kasir (POS) untuk meningkatkan akses dan mengurangi resiko kemalingan, dan Pegawai Credit Union menggunakan PDA. Phase ketiga, yaitu kerjasama menggunakan Mobile banking sebagai bentuk kemajuan teknologi.

Garcia mengatakan, “ Perkembangan Koperasi Kredit Semilla telah mengubah kehidupan masyarakat terpencil di Meksiko, misalnya dengan membuka pelayanan 24 jam bagi seluruh masyarakat”. “Sebanyak 3 phase percobaan, WOCCU telah membawa lebih dari 1, 3 juta orang untuk bergabung bersama dengan Credit Union”.

                                                                                     

Sumber : World Council of Credit Unions: http://ht.ly/yUZ0e

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
“Awalnya saya dan Bapak adalah tukang jahit. Profesi ini kami jalani dari sebelum menikah. Karena kami tidak ingin berprofesi seperti itu hingga tua nanti, kami pun berpindah profesi. sejak keinginan itu ada, saya pun bergabung bersama CU Pancur Kasih sejak tahun 2003. Berkat bantuan pinjaman ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved