Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita InternasionalJumat, 21 September 2012 - 08:59:56 WIB
Credit Union Harus Berani Tampil Beda, Pendapat Profesor Harvard
Administrator | dibaca: 2200 Pembaca




Pembicara Kegiatan Monday  menekankan perbedaan, menyampaikan pesan kepada peserta Konferensi WOCCU

GDANSK, Poland – Ketika Credit Union menarik perhatian masyarakat luas, sukses  bukanlah suatu hal yang selalu menciptakan hal yang baik. Menurut ahli pemasaran Youngme Moon, Donal K. David seorang Professor Bisnis Administrasi dan Kepala Universitas Harvard program MBA, mengatakan kesuksesan terkadang tentang menciptakan sesuatu yang berbeda.

Moon, penulis “Different: Escaping the Competitive Herd”, berpesan kepada peserta sesi umum kegiatan Monday di World Council of Credit Unions' pada konferensi Credit Union Dunia, di ruangan Polish Baltic Philharmonic  di Gdańsk, Moon menunjukkan pesannya secara langsung pada pergerakan Credit Union secara umum, menekankan  pada kebutuhan – sebuah kesempatan – bagi koperasi keuangan untuk tetap menjadi bagian dari masyarakat.

Saat ini ada sebuah kesempatan satu-generasi untuk menambah jumlah keanggotaan,” ujar Moon dalam penjelasan utama presentasinya. “ Ada kesalahan di dalam pelayanan industri keuangan, ketidakpuasan anggota, dan yang terbesar yaitu ketidakpercayaan mereka terhadap Lembaga Keuangan. Tetapi apakah Credit Union Anda berbeda dari Credit Union lainnya sehingga lebih mudah dimengerti oleh anggota?”

Perusahaan-perusahaan memiliki kecenderungan membuat perubahan lebih cepat dengan pesaingnya. Moon menjelaskan bahwa yang membuat mereka lebih dari sekedar penyedia dalam suatu bidang di khalayak ramai suatu perusahaan yaitu dengan menggunakan keunggulan yang dimiliki – bahkan memperbaiki pandangan negative terhadap produk atau pelayanan portofolio  – Memiliki kesempatan yang lebih baik menjadi lembaga yang berbeda dari pesaing dan menjadikan lembaga yang memiliki ciri khas tersendiri.  Untuk meningkatkan komitmen para  anggota, Credit Union tetap mempunyai kesempatan yang baik untuk membedakan usaha-usaha mereka dengan cara melihat keunggulan dan keberhasilan yang dimiliki.

 “ Kamu tidak bisa membangun sebuah brand yang berbeda tanpa semangat”, Kata Moon. “Bagi Credit Union, perbedaan berasal dari rasa tangguh (tak dapat tergantikan), dan akan menciptakan rasa loyalitas yang tinggi.

Sikap loyalitas pada Credit Union kepada anggota sama, dijadikan bagian yang penting dari gerakan Credit Union secara umum. Berdasarkan pidato pembukaan Brian Branch pada kegiatan Monday, Presiden dan CEO WOCCU, Branch membandingkan Credit Union dari Columbia dan Mexico terhadap Sri Lanka dan Kenya. Branch menekankan kebersamaan terhadap kepentingan anggota dari Negara ke Negara dan budaya ke budaya serta bagaimana Credit Union berusaha keras untuk menemukannya.

 

“Semua ini tentang apa yang terbaik bagi anggota”, Branch mengatakan kepada peserta. “Sebagai Credit Union, kami memiliki nilai yang mendukung masyarakat umum dan menekankan pada pemberdayaan keuangan anggota Credit Union”.

Menurut Branch, pada tahun sekarang ini ada 2 tema yang menjadi perdebatan bagi kesuksesan Credit Union kedepannya.Yang pertama adalah informasi dan pertumbuhan yang diperlukan untuk menyampaikan kesempatan besar bagi Credit Union dengan cara yang berkesan dan menarik bagi para anggota. Yang kedua yaitu peningkatan jumlah cabang pelayanan (jangkauan), yang diartikan dengan membuka pelayanan Credit Union baik secara lokal maupun secara global menggunakan fasilitas elektronik yang bisa digunakan anggota kapanpun dan dimanapun mereka inginkan. Branch menekankan, kedua hal ini dan dukungan lainnya akan membantu menjelaskan perbedaan sebuah Credit Union.

“Kami beroperasi secara lokal dan global”. Branch juga menjelaskan,  “Ini merupakan  bagaimana kami akan membangun sebuah komunitas sebuah Credit Union”

Kegiatan Monday berakhir dengan diikuti pemberian materi tentang kepemimpinan dan strategi, teknologi dan inovasi, peraturan dan regulasi dan hal pergerakan Credit Union internasional. Sesi khusus berpusat pada penjelasan ulang peranan dewan pengurus, menemukan standard peraturan baru, termasuk BASEL III, dan menciptakan sebuah “Mobile Wallet” untuk membantu memperkenalkan pelayanan keuangan kepada masyarakat miskin di pedesaan.

Tahun 2012 World Credit Union Conference (WOCCU) berakhir pada 18 Juli. Kegiatan ini  meliputi diskusi panel para pemimpin Credit Union dan regulator dari 3 negara yang berusaha untuk menemukan solusi bersama. Acara penutupan  ditutup oleh presentasi Bank 2.0 penulis Brett King. Upacara penghargaan tahunan WOCCU dan upacara malam penutup dilaksanakan di  museum kapal bersejarah Gdańsk, tempat lahirnya pergerakan solidaritas masyarakat Polandia.

(diterjemahkan dari http://www.woccu.org/newsroom/releases/Credit_Unions_Must_Dare_to_Be_Different_Harvard_Professor_Says)

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Anggota CU Pancur Kasih TP. Subah Credit Union jauh sekali berbeda dengan lembaga keuangan lainnya. Dari segi sektor simpanan dan car mengangsur, Credit Union bersifat kekeluargaan sehingga masih diberi toleransi yang wajar bagi anggotanya untuk menyetor. Bunga yang ditetapkan dalam pinjaman ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved