Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita InternasionalSenin, 25 Agustus 2014 - 09:41:27 WIB
Lembaga Non-Tradisional Market dipandang sebagai Mitra kerja atau Pesaing?
Administrator | dibaca: 1075 Pembaca



Panelis yang terdiri dari : (dari kiri) Effie Zahos and Alan Shields, Australia; Alex Moven, USA; and Amy ter Haar, Canada.

Lembaga di Luar Credit Union berbagi pengalaman untuk mengatasi persaingan di masa depan.

 

Dalam Konferensi umum WOCCU di Australia, telah dibahas mengenai Non-Tradisional Market yang digunakan oleh para penyedia jasa keuangan untuk ditawarkan kepada masyarakat. Lembaga Non-Tradisional Market berkembang dengan pesat dan banyak dipilih oleh masyarakat luas sebagai tempat untuk mendapatkan modal usaha. Credit Union harus bisa belajar  bagaimana caranya untuk terlibat dan beradaptasi dengan mereka sebagai lembaga penyedia keuangan. Credit Union dapat bekerjasama dengan sesama credit union dan bahkan pesaing lainnya untuk meningkatkan  Non-Tradisional Market sebagai konsep dan inovasi dalam meningkatkan kualitas komunikasi dengan anggotanya. 

Dalam diskusi tersebut disebut dengan “Catching The disruption wave: Three Big Ideas’ for serving a Radically Changing Markerplace.” Panelis dalam diskusi tersebut yaitu Alan Shields Direktur dan pendiri RFi Intelligence (Australia), Alex Sion, Moven president (USA), Amy ter Haar, Flow, Inc. CEO (Canada). Dan yang menjadi moderator diskusi adalah Effie Zahos, Money magazine editor (Australia). Dalam diskusi tersebut menjelaskan perspektif luar tentang masa depan Credit Union dimasa yang akan datang untuk memenuhi harapan  anggota tentang kecepatan, keamanan dan kenyamanan yang harus diterapkan.

Ada 3 hal yang menjadi fokus permasalahan “Ide Besar” yaitu mengenai pembayaran, keuangan, dan perdagangan sehingga memunculkan multi dimensi  konsumen di pasaran. Ketiga sektor tersebut memberikan kesempatan bagi Credit Union untuk terlibat dan berperan sebagai lembaga keuangan . Yang diperlukan bagi Credit Union hanya produk dan nilai yang berkualitas sehingga bisa bersaing dengan  lembaga keuangan lainnya.

Credit Union sebagai sebuah lembaga yang mengedepankan kekeluargaan dan komunitas harus bisa tetap bersaing di era yang serba digital. Credit Union juga harus bisa beradaptasi dengan Organisasi/lembaga lain yang menggunakan sistem teknologi App-Centrik (Credit Union menilainya sebagai partner/mitra kerja atau sebagai pesaing). Dalam persaingan masa depan, Credit Union juga harus mempertahankan aspek komunitas.

Dalam diskusi yang telah dilaksanakan, menurut WOCCU yang terpenting adalah dapat menghubungkan semua orang yang terlibat didalam Credit Union, kapanpun dan dimanapun sehingga sifat hubungan yang terjadi secara lateral dan peer-to-peer. Credit Union akan menjadi kuat apabila terus bersama dan berkerja sama. Selain dengan sesama Credit Union, hubungan yang terjadi dapat dilakukan dengan asosiasi nasional di seluruh dunia. Hal ini bertujuan untuk menyebarkan ide-ide besar dan kerjasama dengan pelaku pesaing pasar yang terus menerus mudah  untuk berubah.

Yang terpenting yaitu anggota/konsumen menginginkan satu aplikasi di ponsel yang dapat membantu mereka untuk mengkonsolidasikan semua keuangan dan menyediakan informasi keuangan mereka (Proses Transaksi). Anggota/konsumen menginginkan semua transaksi digabungkan menjadi satu sehingga lebih mudah dan fleksibel.

 Lembaga Credit Union saat ini harus berinovasi dalam bidang teknologi, kerjasama yang cerdas dengan lainnya, tatakelola yang baik, dan memiliki strategi yang baik untuk menjangkau luas anggota terutama yang menarik perhatian orang muda.

 

Source:

http://www.woccu.org/newsroom/releases/Panel:_Non-traditional_Market_Entrants_Seen_as_Disruptors_or_Partners

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Anggota CU Pancur Kasih TP. Menjalin Menjadi single parent bagi seorang perempuan memiliki tanggung jawab yang besar bagi keluarganya. Kebutuhan anak sekolah dan biaya hidup sehari-hari semakin meningkat. Masalah seperti ini tidak menyurutkan semangat ibu Nursanah untuk tetap berusaha memperbaiki ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved