Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LokalRabu, 20 Mei 2015 - 16:05:31 WIB
Retret Koperasi Kredit (CU) Pancur Kasih Tahun 2015
Administrator | dibaca: 2430 Pembaca




Koperasi Kredit (CU) Pancur Kasih telah menyelenggarakan kegiatan Retret tahun 2015 di Function Hall Hotel Kapuas Palace, Pontianak, 14-15 Mei 2015. Kegiatan Retret ini mengambil tema “Menjadi Aktivis Credit Union yang visioner, disiplin, tangguh dan berkinerja unggul untuk mewujudkan CUPK yang kuat, aman dan terpercaya. Kegiatan Retret CU PK yang diketuai oleh Domitius, S.H, M.H berlangsung dengan sangat baik dan lancar karena diikuti oleh seluruh aktivis CU yang terdiri dari Dewan Pimpinan, Badan Pengawas, Manajemen, Staf, SPO, dan tenaga kontrak yang secara keseluruhan berjumlah ±350 orang.

Rangkaian kegiatan retret berlangsung selama 2 hari. Hari pertama, Kamis  14 Mei 2015 dimulai dengan registrasi peserta, pembukaan, renungan dan orientasi kegiatan. Dalam sambutan Pembukaan Kegiatan Retret, Sucipto, S.th mengatakan bahwa kegiatan retret merupakan salah satu dari rencana strategis yang telah diprogramkan. Pelaksanaan Retret bertujuan untuk berkumpul, merenung dan melakukan konsolidasi sehingga bersama-sama memiliki komitmen untuk kedepanya. Banyak masalah yang dialami oleh CU secara keseluruhan terutama mengenai kredit lalai.  Ia berharap dengan dilaksanakannya kegiatan retret, peserta yang hadir dalam hal ini staff CU Pancur Kasih, dapat dimampukan untuk melaksanakan tanggungjawab sesuai dengan kewenangan masing-masing. Ia menambahkan, “Ketika kita angkat tangan, Tuhan turun tangan. Karena segala usaha sudah dilakukan, tetapi kita masih berada dalam situasi seperti ini sehingga diharapkan tangan Tuhan dapat bekerja”. Setelah kata sambutan pembukaan, acara selanjutnya diikuti dengan misa pembukaan yang dipimpin oleh Pastor Bagara Darmawan OFM.Cap, kemudian Renungan  dipandu oleh Pastor Servi dan acara penutup malam pembukaan yaitu orientasi kegiatan yang dipandu oleh CHRDO, Domitius, S.H, M.H.

Hari kedua, 15 Mei 2015, merupakan inti kegiatan retret.  Keseluruhan rangkaian kegiatan terbagi kedalam berbagai sesi. Untuk membuka acara retret, dimulai dengan renungan pagi yang dipandu oleh Pdt. Joko Susilo. Setelah itu sesi I mengenai Kelembagaan dipandu oleh Ketua CU Pancur Kasih, Dr. F.Y. Khosmas. Kemudian dilanjutkan dengan sesi II mengenai Pelayanan oleh Ketua I, Pdt. Sucipto, S.Th. Setelah itu Sesi III mengenai Kredit oleh Ketua II, Yosep Banche, S.Pd, M.M. setelah mendengarkan sesi III mengenai kredit, peserta kemudian dibagi menjadi 2 kelompok karena diberikan sesuai dengan materi retret. Kelompok terdiri dari SPO dengan materi Penguatan SPO yang dipandu oleh Pengurus (Ferdinand, S.Pd.k dan Marcelus L., S.Pd) dan seluruh Badan Pengawas. Kelompok kedua yaitu seluruh staf dengan materi Sosialisasi Aturan Kepegawaian, dipandu oleh Ketua II, Yosep Banche, S.Pd, M.M. Pada malam harinya diisi dengan malam keakraban yang dipandu oleh MC. Wendy dkk.

Malam keakraban.

Setelah seharian mendengarkan sesi per sesi untuk mendapatkan solusi terbaik sebagai bentuk instrospek diri, maka pada malam harinya diadakan malam keakraban. Malam keakraban ini yang bertujuan untuk mengakrabkan kembali tali persaudaraan insan CU Pancur Kasih.

Rangkaian acara malam keakraban tidak hanya diisi oleh hiburan, tetapi juga memberikan manfaat bagi peserta. Diantaranya yang pertama adalah ucapan kata penutup kegiatan Retret oleh Ketua I, Pdt. Sucipto, S.Th. Kedua, ucapan syukur dari Ketua CU Pancur Kasih, Dr. F.Y. Khosmas  karena telah menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Negeri Jakarta  (UNJ). Hasil penelitian yang telah dilakukan di lembaga CU Pancur Kasih diharapkan dapat memberikan dampak yang baik kepada lembaga terutama untuk meningkatkan kualitas sumber Daya Manusia. Penelitian yang dilakukan  mengenai komitmen, Kepemimpinan, penghargaan,Trust (Kepercayaan), dan Pendidikan & Pelatihan.  

Penganugerahan staff berprestasi

Ketiga, CUPK Award yand diberikan kepada staff yang berprestasi. Pengumuman penghargaan diberikan oleh CEO, Marselinus Engkolon, S.E. Menurut beliau, CUPK award penting dilaksanakan. Saat ini, CU Pancur Kasih menitikberatkan pada perbaikan SDM untuk memberikan pelayanan yang baik. Manajemen CU Pancur Kasih telah melakukan penilaian untuk mengukur kinerja, mulai dari Penilaian TP  yang bersifat quantitatif sampai ke Penilaian individu staff yang bersifat kualitatif. Penganugerahan yang telah dilakukan diberikan kepada 4 orang staff yang berkinerja baik dan sangat memuaskan sehingga dapat memberikan semangat kepada staff lain untuk terus bekerja dan bersaing secara sehat. Penganugerahan kepada staff diberikan kepada: Edi Yanto, S.Th sebagai konsultan Kredit di TP. Ngabang, Pulgensius, S.P sebagai konsultan kredit di TP. Aur Sampuk, Marta Mariana, A.Md sebagai Konsultan Kredit di Sei Durian, dan Yonas sebagai janitor di TP. Balai Karangan.  Acara terakhir, dan tidak kalah meriahnya adalah kuis seputar CU Pancur Kasih. Peserta sangat antusias dalam menjawab  10 pertanyaan yang diberikan oleh panitia.

Rangkaian kegiatan Retret dan Malam Keakraban semoga dapat memberikan penyegaran kembali kepada seluruh aktivis CU Pancur Kasih. Sangat diharapkan aktivis dapat menemukan lagi semangat yang terkobar dalam hati masing-masing. Selain itu, kegiatan ini dapat mempererat ikatan persaudaraan aktivis CU Pancur Kasih. Karena sesuai dengan tema yang telah dipilih supaya seluruh aktivis CU dapat menjadi aktivis yang visioner berorientasi untuk masa depan. Menjadi tangguh dan berkinerja unggul supaya dapat mewujudkan lembaga CU yang kuat, aman dan terpercaya bagi anggota yang telah memberikan kepercayaan kepada lembaga dalam mengelola keuangan mereka. CU Pancur Kasih ada dikepala kita, CU Pancur Kasih ada dihati kita, dan CU Pancur Kasih ada di CU Pancur Kasih.

Salam..

Barage CU Malangkah Repo. 

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
(Margaretha, anggota CU Pancur Kasih TP. Kuala Behe) Baginya, banyak hal yang membuat ia tertarik untuk bergabung menjadi anggota CU Pancur Kasih diantaranya yaitu CU Pancur Kasih sangat membantu masyarakat yang kurang mampu, CU Pancur Kasih sebagai tempat untuk menabung dan proses persyaratan ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved