Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LokalSabtu, 13 Juni 2015 - 11:12:58 WIB
Pelayanan Koperasi Kredit (Kopdit) CU Pancur Kasih yang Tiada Batas
Administrator | dibaca: 2625 Pembaca



Foto bersama fasilitator dan peserta PD II desa Sempatung

Menjadi aktivis Koperasi Kredit  (Kopdit) harus bersedia ditempatkan dimana saja. Menjadi aktivis CU berarti juga harus bersedia berhadapan dengan daerah baru, lingkungan baru, dan siap menghadapi tantangan-tantangan yang tidak bisa diperkirakan untuk kedepannya. Menjadi aktivis CU berarti harus memiliki semangat menjadi pelayan untuk melayani anggotanya dari semua kalangan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menyebarkan visi dan misi supaya bisa mensejahterakan masyarakat yang ada di pedalaman agar mereka memiliki pengetahuan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Dengan memiliki kemampuan mengatur keuangan rumah tangga, mereka diharapkan dapat mewujudkan cita-cita masing-masing individu dan keluarga.

Aktivis Kopdit CU Pancur Kasih yang terdiri dari manajer Kopdit CU Pancur Kasih Tp. Serimbu, Wilhelmus, S.Mn,  Ketua I Kopdit CU Pancur Kasih bagian Pendidikan dan Pelatihan, Pdt. Sucipto, S.Th,  SPO Tp. Serimbu, Petrus Erus, tenaga tagih Tp. Serimbu, Uwi, melayani anggotanya sampai ke daerah pedalaman Kabupaten Landak, tepatnya di dusun Sempatung, Kecamatan Air Besar Kab. Landak. Dusun ini terletak di sebelah utara  Kab. Landak. Secara geografis berbatasan dengan desa Sungkung Kab. Bengkayang dan Kab. Sanggau.  Untuk mencapai ke dusun Sempatung ditempuh kurang lebih 5 jam perjalanan dari Balai Karangan dengan menggunakan transportasi darat dan dilanjutkan dengan transportasi air yang biasa disebut dengan “Pepet”, sejenis perahu motor. Jauhnya perjalanan yang harus ditempuh dikarenakan medan transportasi darat yang belum memadai.

perjalanan pergi

Menurut Manajer Kopdit CU Pancur Kasih T.P Serimbu mengatakan bahwa dipilihnya desa Sempatung sebagai tempat penyelenggara Pendidikan Dasar II  karena melihat dari 4 faktor. Yang pertama yaitu, secara geografis, desa Sempatung jauh dari kantor sehingga menyebabkan kurangnya informasi aturan-aturan dan  produk Kopdit  CU Pancur Kasih. Yang kedua, penduduk sangat antusias dengan kehadiran Kopdit CU Pancur Kasih, yang terbukti dengan bergabungnya mereka dengan  Kopdit CU Pancur Kasi. Yang ketiga, dusun Sempatung merupakan daerah produktif dengan anggota 81 orang yang terdiri dari laki-laki berjumlah 52 orang dan perempuan berjumlah 29 orang. Dan yang terakhir, dilihat dari segi mata pencaharin. Dusun Sempatung tidak  terkena dampak dari penurunan harga karet karena mata pencaharian penduduk di Sempatung adalah sahang/lada.

Peserta Pendidikan Dasar (PD) II tidak hanya diikuti oleh anggota Kopdit CU Pancur Kasih saja tetapi juga diikuti oleh masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai Kopdit CU Pancur Kasih. Fasilitator PD II diberikan oleh Ketua I, Pdt. Sucipto, S.Th. Beliau memberikan materi dengan sangat jelas sehingga anggota dapat memahami informasi tentang Kopdit CU Pancur Kasih. Pendidikan Dasar II Kopdit CU Pancur Kasih bertujuan untuk memberikan penyegaran kembali mengenai informasi dan produk Kopdit CU Pancur Kasih. Anggota/masyarakat diberikan kesempatan untuk menganalisa masalah-masalah sosial ekonomi sebagai akibat dari pergolakan politik ekonomi pada saat ini. Pergolakan ekonomi seperti yang terjadi saat ini mengakibatkan masyarakat sulit untuk menghidupi keluarganya. Oleh sebab itu, CU membantu masyarakat desa terpencil untuk mengubah paradigma politik ekonomi supaya bisa terbebas dari kemiskinan sehingga mereka memiliki perencanaan yang baik untuk kedepannya.

Peserta pendidikan dasar II di Desa Sempatung sangat antusias menyimak penjelasan. Meskipun jarak yang ditempuh dari rumah penduduk ke tempat kegiatan, Gereja PPIK yang berada diatas bukit, namun semangat mereka tidak pernah padam. Mulai dari orang muda sampai kakek-nenek, semua ikut terlibat. Ini menunjukkan betapa antusiasnya mereka untuk mengubah pemikiran cara pengelolaan keuangan rumah tangga dengan baik.

Semoga semangat ber-CU masyarakat di desa Sempatung dapat mengubah cara berpikir mereka untuk bisa terbebas dari masalah keuangan. Meskipun terletak di desa terpencil, jauh dari jangkauan transportasi darat, desa Sempatung dapat berkembang dan menjadikan masyarakatnya sejahtera sesuai dengan visi misi Kopdit CU Pancur Kasih, yaitu meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi anggota. 

 

Barage CU Malangkah Repo !!

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Menyadap karet merupakan sumber penghasilan utama bagi petani karet yang ada di pedesaan. Penghasilan utama cukup menjanjikan saat harga karet belum turun drastis. Sekarang, petani karet harus berusaha lebih demi mendapatkan sesuap nasi. Sama halnya yang dialami oleh Marselina, seorang petani karet ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved