Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LokalSenin, 19 Februari 2018 - 23:02:08 WIB
CUPK Menggelar Pemilihan Pengurus dan Pengawas Baru
Administrator | dibaca: 954 Pembaca



Foto:Penandatanganan Berita Acara RAT dan Pengukuhan Pengurus

 

CUPK, Bertempat di Function Hall Hotel Kapuas Palace Pontianak pada hari senin, 19 Februari 2018 Kembali di gelar acara tahunan yaitu RAT CU Pancur Kasih Tahun Buku 2017.  RAT kali ini cukup menguras waktu dan tenaga baik penyelenggara RAT maupun anggota sebagai peserta karena pelaksanaan yang digelar tidak hanya melaporkan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas namun ada kegiatan lainnya yaitu pemilihan pegurus  dan pengawas untuk masa kerja 2018-2022.

 

RAT CU Pancur Kasih TB 2017 mengusung tema” Meningkatkan Kinerja Lembaga Melalui Pelayanan Prima untuk mewujudkan KSP CU Pancur Kasih yang berkesinambungan”, dihadiri oleh 800 orang utusan anggota dari empat puluh tempat pelayanan di wilayah Kalimantan Barat, begitu laporan yang disampaikan oleh Silvanus Ilvan selaku Ketua Panitia RAT.

 

Acara RAT dibuka secara langsung oleh Bapak Marsianus, SY selaku kepala dinas koperasi dan umkm provinsi dan  sebagai Pembina koperasi di Kalimantan barat. Selain itu  hadir juga beberapa kepala dinas koperasi kabupatan dan kota, mitra kerja CU. Dalam sambutannya Kepala Dinas yang juga pegiat Credit Union ini menginggatkan peserta RAT untuk menjadi anggota yang aktif. “Aktif Menyimpan, aktif dalam mengembalikan Pinjaman”.  Pada kesempatan itu pula Kepala dinas menghimbau kepada seluruh anggota untuk memanfaatkan produk dan layanan yang di sediakan CUPK seperti CUPK mobile dan  aplikasi-aplikasi berbasis android.

 

Senada dengan Kepala dinas  Koperasi,  Bapak Thomas selaku Ketua Puskopdit Bumi Borneo Juga mengungkapkan  “CUPK besar karena anggota yang terus memegang prinsip dan nilai nilai CU. Credit Union itu dari anggota oleh anggota dan untuk anggota”. Beliau juga menyampaikan mengenai Pajak  atas simpanan anggota yang sudah mulai diberlakukan pada tahun ini dan masih terus berjuang agar anggota Koperasi khususnya CU, untuk bunga simpanan yang dikenakan pajak nominalnya di naikkan misalnya untuk bunga 1 juta ke atas baru dikenakan pajak.

 

Sambutan lainnya dari Ketua CU Pancur Kasih, Bapak Dr, FY Khosmas, M.Si. yang tahun ini mengahiri masa kepengurusannya di CUPK berpesan kepada seluruh anggota agar terus menjaga CU Pancur Kasih untuk  terus berkesinambungan, Jika CUPK Ibarat Pohon kita semua punya peran dan tugas masing masing untuk menjaga pohon tersebut tetap kokoh.

 

Sama dengan tahun sebelumnya laporan kinerja CU Pancur Kasih di audit oleh Akuntan Publik dan mendapat Opini “Wajar”.  Kategori ini merupakan yang tertinggi untuk penilaian koperasi.

 

Pada Sesi Pembahasan Laporan pertanggung jawaban Pengurus dan Pengawas anggota begitu antusias mengikuti dan ikut menanggapi penyajian laporan tersebut, ada yang mengkritisi ada pula yang hanya menyampaikan usul saran secara langsung, Inilah demokrasi yang terjadi di CU Pancur Kasih,

Laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas yang telah dibahas  secara terbuka dapat diterima Oleh anggota dan ditandatangai dalam betuk berita acara  dipandu oleh ketua sidang Bapak Salvius Seko.

 

 

Pemilihan Dengan E-Voting

 

Rangkaian RAT Tahun buku 2017 selain membahas laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas, ada kegiatan penting yang digelar pada saat itu yaitu Pemilihan Pengurus dan Pengawas CU Pancur Kasih masa bakti 2018-2022. 

 

Sebelum peserta RAT menggunakan hak pilihnya Panlih terlebih dahulu membacakan TATIB Pemilihan dan memperkenalkan calon pengurus dan calon pengawas juga menjelaskan teknis pemilihan.  Sistem pemilihan menggunakan e-voting, disiapkan  10 ruang  untuk menempatkan monitor touchscreen untuk anggota memilih. Lebih kurang 1 Jam Proses pemilihan hasil sudah bisa didapatkan.

 

Hasil Pemilihan Pengurus dan Pengawas masa kerja 2018-2022 komposisinya sebagai berikut : Untuk Pengurus terpilih : Gaberiel Marto (Ketua), Martono (Wakil Ketua I), Marcelus (Wakil Ketua II), Sucipto (Sekretaris), Yoseph Banche(Bendahara), Blasus(Anggota ), Ferdinand L(Anggota).  

Untuk Pengawas Terpilih: Sabinus Nus(Ketua), Theophilus (Sekretaris), Fransiskus Andi Aziz(Anggota), Fransiskus Kamis(Anggota), Jaka Sumitro(Anggota).

 

Diakhir acara panitia RAT membagikan doorprize untuk peserta RAT dan hadiah untuk anggota  aktif , Selamat untuk pengurus dan pengawas terpilih, terima kasih untuk seluruh anggota, mari bersatu dan bekerjasama untuk membangun manusia agar sejahtera bahagia. **.(BA)

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
(Margaretha, anggota CU Pancur Kasih TP. Kuala Behe) Baginya, banyak hal yang membuat ia tertarik untuk bergabung menjadi anggota CU Pancur Kasih diantaranya yaitu CU Pancur Kasih sangat membantu masyarakat yang kurang mampu, CU Pancur Kasih sebagai tempat untuk menabung dan proses persyaratan ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved