Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LokalSabtu, 19 Januari 2013 - 13:44:31 WIB
Credit Union Pancur Kasih akan laksanakan Pra RAT 2013
Administrator | dibaca: 2876 Pembaca




Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang diadakan setiap tahun bagi Credit Union Pancur Kasih adalah sebuah momentum yang sangat penting. RAT Credit Union Pancur Kasih merupakan bukti perkembangan Credit Union dalam mengemban kepercayaan anggota untuk mengelola keuangan mereka. Pengurus dan Pengawas serta Managemen Credit Union Pancur Kasih melaporkan pertanggungjawaban keuangan dan kegiatan mereka dalam 1 (satu) tahun kerja kepada anggota. Oleh sebab itu, di awal tahun 2013 RAT Credit Union Pancur Kasih TB 2012 akan segera dilaksanakan di setiap Tempat Pelayanan Credit Union Pancur Kasih di seluruh wilayah Kalimantan Barat, tepatnya pada 25 / 26 Januari 2013. Sedangkan untuk RAT Pleno TB 2012 Credit Union Pancur Kasih akan segera dilaksanakan pada 23 Februari 2013 mendatang.

Perlu  diketahui RAT Credit Union Pancur Kasih dilakukan sebanyak 2 kali. Yang pertama yaitu RAT TP, dilaksanakan oleh masing-masing Tempat Pelayanan Credit Union Pancur Kasih . RAT ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan masing-masing TP dan dihadiri oleh anggota TP setempat. Yang kedua yaitu RAT Pleno yaitu RAT yang dilakukan secara keseluruhan dan bersifat luar biasa karena mencakup semua laporan pertanggungjawaban dari 37 TP Credit Union Pancur Kasih diseluruh wilayah Kalimantan Barat. RAT Pleno ini dihadiri oleh perwakilan anggota-anggota yang terpilih dari seluruh TP Credit Union Pancur Kasih dan para undangan.

RAT Credit Union Pancur Kasih mempunyai makna sebagai tempat untuk bertemu dan bertukar pikiran satu dengan yang lainnya. Laporan pertanggungjawaban dari seluruh Pengurus, Pengawas, serta pihak Management terhadap hasil kegiatan dan kebijakan yang telah diambil selama 1 tahun, dilaporkan di RAT sebagai kekuasaan tertinggi. Selain itu akan disahkan juga rencana kerja dan rencana anggaran belanja tahun selanjutnya. Kemudian, yang akan dilakukan yaitu penetapan pembagian BJA dan membahas semua masalah-masalah yang timbul di dalam Credit Union selama Tahun Buku 2012 agar permasalahan tidak terulang lagi di tahun 2013. Sehingga dapat meminimalisasikan kerugian keuangan yang mungkin saja terjadi di Tahun Buku 2013.

Anggota yang aktif harus ikut terlibat di dalam perkembangan dan kemajuan Credit Union Pancur Kasih. Misalnya, keaktifan anggota untuk menetapkan besarnya pembagian Balas Jasa Anggota (BJA). BJA atau yang biasa juga disebut dengan SHU(Sisa Hasil Usaha) Credit Union Pancur Kasih merupakan balas jasa yang diberikan kepada anggota yang aktif dalam menyimpan dan meminjam. BJA Credit Union Pancur Kasih terdiri dari BJS  (Balas Jasa Simpanan) dan BPP (Bonus Prestasi Pinjaman). BJS yang dimaksud adalah sejumlah balas jasa (uang) yang akan di terima oleh anggota atas keaktifannya dalam menyimpan uang di Credit Union. Anggota yang tidak berhak menerima BJS adalah anggota yang tidak menyetor simpanan wajib lebih dari 4 (empat) bulan dalam setahun. Untuk BPP (Bonus Prestasi Pinjaman) adalah sejumlah balas jasa (uang) yang akan diterima oleh anggota atas keaktifannya dalam melunasi pinjaman sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian pinjaman. Anggota yang tidak berhak mendapatkan BPP adalah anggota yang lalai atau kurang mengangsur pokok dan balas jasa selama 3 bulan atau lebih dalam setahun.  Besarnya BJS dan BPP yang akan diterima tergantung pada besarnya simpanan dan pinjaman masing-masing anggota. Semakin besar transaksi ( keaktifan anggota dalam menyimpan dan meminjam) maka semakin besar juga BJA yang akan diterima. BJS dan BPP yang diterima oleh masing-masing anggota akan dimasukkan kedalam Simpanan Sa’aleatn, simpanan saham dan atau didistribusikan untuk melunasi iuran solidaritas anggota.

RAT Credit Union Pancur Kasih yang sebentar lagi akan dilaksanakan oleh masing-masing Tempat Pelayanan diharapkan dapat berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, keaktifan anggota untuk berpartisipasi merupakan kunci dasar dalam kemajuan Credit Union Pancur Kasih. Anggota mempunyai kewenangan tertinggi untuk menentukan keputusan-keputusan yang akan mempengaruhi keberhasilan Credit Union Pancur Kasih di masa yang akan datang.

Selamat melaksanakan RAT bagi setiap TP Credit Union Pancur Kasih yang akan diadakan pada 25 / 26 Januari 2013 dan mari menyambut RAT Pleno Credit Union Pancur Kasih yang akan diadakan pada 23 Februari 2013. Semoga Program kerja TB 2013 dapat tercapai dan berjalan dengan baik. (Dmt)

Barage CU Malangkah Repo!!!

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
 “Awal usaha saya hanya sebagai pensuplai buku-buku rohani. Melihat usaha teman yang ada di Jawa kemudian saya tertarik untuk belajar membuat patung. usaha pembuatan patung saya mulai sejak tahun 2001. Untuk mengembangkan usaha saya ini, saya pun bergabung menjadi anggota CU Pancur ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved