Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita InternasionalJumat, 08 Februari 2013 - 10:09:33 WIB
WOCCU Meminta Agar IASB Mengeluarkan Disclosure/ Pengungkapan Laporan Keuangan yang Lebih Mudah Dimengerti
Administrator | dibaca: 2575 Pembaca




WOCCU menyarankan agar IASB (International Accounting Standards Board)  mengeluarkan Pengungkapan Laporan Keuangan yang lebih ringkas dan mudah dimengerti bagi lembaga Credit Union serta anggotanya. Hai ini bertujuan agar peran serta manfaat lembaga Credit Union bisa berfungsi sebagaimana mestinya sehingga dapat mengurangi beban/kewajiban Credit Union terhadap pemerintah.   Hal ini disampaikan oleh WOCCU pada diskusi Panel di kota London.

Pada forum Diskusi Panel, Michael Edwards, Wakil Presiden WOCCU menyatakan bahwa Pengungkapan Laporan Keuangan yang kompleks seringkali tidak dapat dimengerti oleh orang-orang yang tidak professional dalam masalah keuangan, misalnya Credit Union atau investor ritel yang berskala kecil. Dia meminta agar pembuatan Pengungkapan Laporan Keuangan diharapkan lebih mudah dimengerti bagi masyarakat luas.

Russel Picot, panelis dan ketua bidang Akuntansi Group HSBC  dan Co-Chair of Financial Stability Board's Enhanced Disclosure Task Force,  bahwa pengungkapan Laporan Keuangan menjadi lebih sederhana sangat mempunyai manfaat. Sebuah laporan Keuangan seharusnya tidak menggunakan jargon/istilah yang sulit dimengerti sehingga stakeholders lebih mudah memahaminya. “Para praktisi keuangan lebih familiar menggunakan pertanyaan daripada footnote yang ada di dalam sebuah kebijakan keuangan”, kata McConnell mengomentari beberapa aspek Pengungkapan Laporan Keuangan.

Brian Branch, Presiden dan CEO WOCCU, mengungkapkan “Semua Credit Union akan mendapatkan manfaat dari pengurangan beban/kewajiban”. Pengungkapan Laporan Keuangan  yang sederhana akan sangat bermanfaat bagi Credit Union untuk membangun negara mereka karena jumlah simpanan dan pinjaman mereka seringkali tidak dilindungi oleh perlindungan selain itu karena banyak  anggota Credit Union yang tidak mengenyam pendidikan ke tingkat universitas.

IASB akan segera mengeluarkan tentang persyaratan Pengungkapan Laporan Keuangan bagi Credit Union. IASB dan FASB sedang memusatkan IFRS (International Financial Reporting Standards) bersama dengan GAAP Amerika yaitu akan membuat Credit Union di Amerika memberlakukan peraturan akuntansi sebagaimana yang tercantum pada IFRS.

(Disadur kembali dari terjemahanhttp://www.woccu.org/newsroom/releases/World_Council_Comments_on_Disclosures_at_IASB_Public_Forum_)

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
(Margaretha, anggota CU Pancur Kasih TP. Kuala Behe) Baginya, banyak hal yang membuat ia tertarik untuk bergabung menjadi anggota CU Pancur Kasih diantaranya yaitu CU Pancur Kasih sangat membantu masyarakat yang kurang mampu, CU Pancur Kasih sebagai tempat untuk menabung dan proses persyaratan ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved