Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LokalJumat, 15 Maret 2013 - 09:45:02 WIB
Mengangsur Kewajiban Tepat Waktu Memberikan Banyak Kemudahan
Administrator | dibaca: 2526 Pembaca




“Saya harus mengencangkan ikat pinggang setiap bulan demi memenuhi kebutuhan hidup”.

Kejadian seperti kalimat diatas sering kali kita alami karena adanya angsuran atau kewajiban yang harus kita tanggung. Sebagai anggota yang taat akan ketentuan-ketentuan yang ada di Credit Union Pancur Kasih, kita harus wajib membayar kewajiban/hutang yang telah diberikan dengan tepat waktu sehingga dapat memberikan manfaat yang positif.

Apabila kita melihat kebelakang pada saat kita ingin mendapatkan sejumlah uang cash untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan sehari-hari, baik itu  kebutuhan mendadak ataupun terencanakan sebelumnya, pihak Credit Union Pancur Kasih tidak akan mempersulit memberikan pinjaman modal bagi anggota, asalkan anggota dapat memenuhi ketentuan peminjaman yang berlaku. Mendapatkan modal dengan mudah tetapi terkadang kita tidak memikirkan tentang bagaimana caranya untuk melunasinya.

Anggota harus ingat, bahwa dalam mendapatkan kredit pinjaman dari Credit Union Pancur Kasih, berarti pihak Credit Union Pancur Kasih telah memberikan kepercayaan penuh. Asal kita tahu bahwa kata kredit berasal dari kata Crederre, yang berarti Percaya. Tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari Credit Union karena adanya pertimbangan terhadap Tujuan Pinjaman, Kerajinan Menabung, Kemampuan mengembalikan, Prestasi dan Partisipasi. Dari 4 pertimbangan itu, dapat disingkat dengan TUKKEPAR.

Berani mengajukan pinjaman, berarti juga berani untuk mengambil resiko. Resiko yang dimaksud adalah untuk melunasi kewajiban (hutang) dengan tepat waktu. Resiko bukan untuk ditakuti tetapi harus dihadapi. Melunasi kewajiban (hutang) dengan tepat waktu, akan memberikan banyak keuntungan baik itu untuk anggota maupun bagi Credit Union Pancur Kasih.

Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan membayar hutang dengan tepat waktu:

1. Memberikan catatan nama baik karena mendapat kepercayaan dari Credit Union Pancur Kasih.

Credit Union Pancur Kasih tidak akan menyulitkan anggotanya apabila sudah tercatat sebagai anggota yang aktif dalam melunasi kewajiban (hutang). Hal ini dapat memudahkan anggota apabila ingin mengajukan pinjaman kembali.

2. Meningkatkan jumlah Bonus Prestasi Pinjaman

Melalukan pinjaman juga memberikan Bonus Prestasi Pinjaman (BPP) karena tidak pernah lalai dalam membayar angsuran. BPP akan dihitung dari besarnya bunga pinjaman yang telah dibayar selama 1 tahun. Hal ini yang membedakan antara Credit Union Pancur Kasih dengan lembaga keuangan lainnya. Bonus Prestasi Pinjaman akan diberikan Credit Union Pancur Kasih bersamaan dengan Balas Jasa Simpanan (BJS). BJS dan BPP biasa juga disebut dengan Balas Jasa Anggota (BJA). BJA akan diperoleh pada saat pembagian SHU setiap tahunnya yang akan dimasukkan ke dalam simpanan Sa’aleatn atau didistribusikan untuk melunasi iuran solidaritas anggota  apabila anggota belum membayar SOLKES dan PANABAS dalam satu tahun buku.

3. Mendapatkan santunan/solidaritas dengan mudah.

Anggota yang membayar anggsuran tepat waktu akan dicatat oleh Credit Union sebagai anggota yang aktif. Apabila suatu saat nanti anggota mengajukan klaim, baik itu untuk klaim SRI (Santunan Rawat Inap), SIMELDA (Santunan Ibu Melahirkan dan Anak), SOLKES (Solidaritas Kesehatan), PanaBas (Panamutn Bahata Subayatn), serta PEWARTA (Perlindungan Warisan Anggota), proses pengajuan klaim anggota tersebut akan dengan mudah dilakukan sehingga anggota tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan santunan tersebut.

3 hal penting diatas merupakan manfaat secara keseluruhan, sebenarnya masih banyak lagi yang dapat kita peroleh.  Jadilah anggota yang aktif dalam mengangsur pinjaman karena memberikan banyak dampak positif yang dapat dirasakan oleh anggota sendiri dan mengembangkan Credit Union Pancur Kasih secara umumnya. (Dmt)

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Anita Setiasih adalah anggota CU Pancur Kasih TP. Singkawang. Ia bergabung menjadi anggota CU Pancur Kasih sejak tahun 2009. Berbekal pelatihan jamur tiram di pulau jawa, Anita dan suaminya, Nurcholis membudidayakan jamur tiram sebagai sumber mata pencahariannya. Hanya bermodalkan 2 juta rupiah ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved