Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LainnyaRabu, 27 Maret 2013 - 14:30:54 WIB
Pemberdayaan Wanita Dalam Credit Union
Administrator | dibaca: 2335 Pembaca




Peran serta wanita dalam perkembangan lembaga Credit Union mempunyai andil yang besar. Tidak hanya kaum adam yang berperan aktif, tetapi wanita juga dapat menunjukkan eksistensi dan memberikan kontribusi besar kepada lembaga. Dunia juga mengakui setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional (International Women Day). Selain Dunia, Indonesia khususnya, memiliki tokoh Pahlawan Wanita yaitu R.A Kartini sebagai Pelopor Emansipasi Wanita yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 21 April. Oleh sebab itu, lembaga koperasi kredit perlu memberdayakan wanita sebagai seorang insan yang anggun dan mempunyai kesetaraan hak untuk memimpin ataupun dipimpin serta melaksanakan tugas dan kewajiban yang diembannya. Wanita juga bertindak sebagai seseorang yang bertanggungjawab untuk menciptakan generasi-generasi terdidik.

Untuk menghargai keterlibatan wanita dalam dunia perkoperasian, WOCCU (World Council of Credit Union) pada News Release, February 2013 , membuka kesempatan bagi wanita di seluruh dunia yang aktif berperan serta dalam dunia koperasi untuk menerima beasiswa. Beasiswa yang diberinama  dengan “Global Women's Leadership Network Scholarship “ untuk tahun 2013 mencari wanita-wanita yang aktif dan terlibat untuk menjadi pemimpin dalam Credit Union.  WOCCU juga akan mengadakan Forum Umum Kepemimpinan Wanita pada 13- 14 Juli mendatang di Ottawa, Kanada.

Dalam lembaga Credit Union Pengurus, Pengawas, Staff, SPO serta Kelompok Inti  beserta anggota perlu menciptakan lingkungan yang transparan dan kompetitif bagi kaum wanita untuk mengembangkan diri. Menjadi wanita harus selalu percaya diri, cerdas, kreatif, berintegritas tinggi terhadap tugas dan kewajiban, berpengetahuan, serta mempunyai skill yang memadai. Semua kriteria yang  disebutkan tadi merupakan kunci sukses seorang wanita untuk mengembangkan Credit Union Pancur Kasih pada khususnya.

Wanita menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi untuk masa sekarang bukanlah menjadi bumerang yang dapat menyebabkan kehancuran. Sebaliknya, keterlibatan wanita akan menambah organisasi/ lembaga menjadi sempurna. Menjadi pemimpin bagi seorang wanita juga menunjukkan kesetaraan gender yang menyebabkan Credit Union tidak memandang sebelah mata fungsi dan peran  wanita. 

Lembaga Credit Union juga perlu melakukan pembinaan yang memberikan pendidikan kepada anggota khusus wanita sehingga mereka dapat meningkatkan taraf hidupnya maupun bagi keluarganya terutama tentang pengaturan ekonomi keluarga.  Karena kita tahu bahwa  wanita memegang peranan penting dalam mengatur keuangan keluarga. Ibaratnya, wanita dalam keluarga sebagai “leher keluarga” yang menopang “kepala Keluarga”. Seorang ibu rumah tangga / wanita yang cerdas pasti bisa mengatur keuangan mereka dengan baik antara pengeluaran ‘kebutuhan dan keperluan’ rumah tangga yang penting. Wanita akan bertindak secara terperinci dalam mengatur keuangan.

Pemberian pelatihan dan pendidikan khusus wanita diharapkan dapat mendorong dan memberikan motivasi agar dapat terus mengembangkan diri sehingga terdapat perbedaan pandangan antara wanita jaman dahulu dan wanita modern seperti saat ini. Sebagai seorang wanita, kondrat yang tidak dapat dihapuskan yaitu menjadi ibu bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, Credit Union Pancur Kasih diharapkan mampu untuk membantu perekonomian keluarga misalnya dengan mengembangkan usaha kecil keluarga yang kreatif dan inovatif serta dapat  memberikan kontribusi dan manfaat bagi sesama lingkungan sosial di masyarakat.

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Anggota CU Pancur Kasih TP. Samalantan Bertanggung jawab terhadap hidup berumah tangga membuat Siono bertanggungjawab terhadap keluarganya. Untuk mewujudkan semua cita-cita rumah tangganya, ia pun mulai bergabung bersama CU. Mulai dari pinjaman yang pertama sampai yang keempat, Siono ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved