Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LokalSabtu, 24 Agustus 2013 - 11:51:48 WIB
Menggapai Kemerdekaan Ekonomi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Bersama
Administrator | dibaca: 1755 Pembaca




Kemerdekaan tidak selalu dikaitkan dengan sejumlah sejarah perjuangan para pahlawan yang gugur di medan pertempuran. Kemerdekaan saat ini lebih menekankan kepada masyarakat untuk merdeka di semua sektor kehidupan. Terlebih kemerdekaan ekonomi yang merupakan sector inti pertumbuhan dan perkembangan individu masyarakat yang mempunyai dampak banyak terhadap nilai suatu negara apakah bisa dikatakan telah berhasil ataupun tidak. Kemerdekaan ekonomi sangat erat didukung oleh stabilitas politik dan keamanan di lingkungan tempat tinggal pada khususnya dan umumnya di dalam negara Indonesia. Dengan kemerdekaan ekonomi yang akan dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang didukung dengan stabilitas politik dan keamanan di lingkungan secara otomatis akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Stabilitas politik dan keamanan Indonesia adalah faktor pendukung sektor pertumbuhan dan perkembangan majunya negara Indonesia. Stabilitas politik ini akan memberikan pengaruh yang besar terhadap masyarakat yang didalamnya termasuk rakyat jelata khususnya anggota CU Pancur Kasih. Meskipun anggota CU Pancur Kasih adalah masyarakat heterogen berasal dari berbagai suku bangsa dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda tetapi tetap mempunyai tujuan yang sama yaitu mencapai kesejahteraan.

Anggota CU Pancur Kasih diharapkan mampu untuk memenuhi semua kebutuhan dan keperluan hidup sehingga tidak ada kekurangan satu apapun. Sebagaimana yang tercantum di dalam Misi Credit Union Pancur Kasih yaitu “Meningkatkan Kesejahteraan Sosial-Ekonomi anggota melalui Pendidikan dan Pelatihan yang menghasilkan perubahan pada aspek fisik, mental, emosional dan spiritual, serta pelayanan yang professional dan ramah”, anggota CU Pancur Kasih harus bisa memanfaatkan fasilitas produk simpanan maupun pinjaman yang ditawarkan.  CU Pancur Kasih diibaratkan sebagai sebuah kendaraan umum yang selalu memperhatikan bentuk dan jenis kendaraan para penumpang dan tujuannya.

Credit Union Pancur Kasih menyediakan fasilitas dan modal untuk membantu anggota dalam rangka memerdekakan sektor ekonomi keuangan mereka. Memanfaatkan produk simpanan dan pinjaman CU Pancur Kasih menjadikan anggota lebih mandiri dalam memperoleh penghasilan. Produk simpanan yang ada akan membantu anggota supaya terlepas dari kemerdekaan financial sebagai dana cadangan untuk  masa depan. Sedangkan produk pinjaman CU Pancur Kasih memberikan kemudahan kepada anggota untuk memproduksi usaha sendiri.

Saat ini, CU Pancur Kasih tetap meningkatkan jumlah uang yang beredar kepada anggota supaya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.  Perlu kita ketahui pertumbuhan kesejahteraan sosial ekonomi anggota di Credit Union Pancur Kasih dapat dilihat dari besarnya asset yang saat ini dimiliki. Besarnya asset Per Juli 2013 yaitu 7.27% , dengan pertumbuhan anggota sebesar 5.6 %, simpanan non-saham sebesar 7.6%, simpanan saham sebesar 7.48%, dan besarnya pinjaman beredar sebesar 9.23%.

Meningkatnya jumlah uang yang beredar harus diimbangi dengan kesadaran anggota untuk melakukan kewajiban mereka. Sehingga permasalahan kredit lalai dapat dikurangi, malahan jumlah besarnya kredit lalai CU Pancur Kasih dapat diatasi. Anggota yang sadar dan bersikap loyalitas terhadap lembaga Keuangan CU Pancur Kasih akan selalu mengangsur kewajiban mereka tepat waktu. Oleh sebab itu, kita dapat menarik benang merah  sesuai dengan Tema Kemerdekaan RI ke-68 yaitu, “ MARI KITA JAGA STABILITAS POLITIK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KITA GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN RAKYAT”.

MERDEKA !!!

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
“Awalnya saya dan Bapak adalah tukang jahit. Profesi ini kami jalani dari sebelum menikah. Karena kami tidak ingin berprofesi seperti itu hingga tua nanti, kami pun berpindah profesi. sejak keinginan itu ada, saya pun bergabung bersama CU Pancur Kasih sejak tahun 2003. Berkat bantuan pinjaman ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved