Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LainnyaSabtu, 19 Oktober 2013 - 10:04:00 WIB
Solidaritas Sebagai Bentuk “Share Insurance” dalam Koperasi
Administrator | dibaca: 5461 Pembaca




Bagi sebagian koperasi yang berskala besar di Indonesia, asuransi sebagai bentuk jaminan bisa dipraktekkan langsung dalam bentuk solidaritas dan perlindungan bagi anggota. Koperasi dan asuransi adalah dua lembaga yang berlainan. Bagaimana lembaga koperasi bisa menyatukan nilai-nilai koperasi dengan fungsi dan tujuan asuransi dalam memberikan kepuasan produk dan layanan koperasi bagi anggotanya? Itu adalah pertanyaan besar mungkin bagi masyarakat yang belum  mengetahui cara kerja Koperasi secara mendetail.

Pengertian asuransi secara umum adalah perjanjian dua pihak atau lebih dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri pada tertanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian pada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Sedangkan untuk Credit Union (CU) sendiri adalah badan usaha yang dimiliki oleh sekumpulan orang yang saling percaya dalam ikatan pemersatu, yang bersepakat untuk menabungkan uang mereka sehingga menciptakan modal bersama guna dipinjamkan di antara sesama mereka dengan bunga yang layak untuk tujuan produktif dan kesejahteraan.

Fungsi utama dari asuransi adalah sebagai mekanisme untuk mengalihkan resiko (risk transfer mechanism), yaitu mengalihkan resiko dari satu pihak (tertanggung) kepada pihak lain (penanggung). Sedangkan fungsi utama Koperasi adalah untuk mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta membangun tatanan perekonomian nasional.  Meskipun dua lembaga ini berlainan, Koperasi bisa saja memasukkan nilai dan fungsi asuransi di dalam produk dan layanan yang akan diberikan kepada anggota. Bentuk pelayanan koperasi mengacu pada  3 pilar penting koperasi yang dijadikan sebagai bentuk kerjasama diantara anggota dan pengurus, yaitu Pendidikan, Swadaya dan Solidaritas. Nah, di bagian solidaritas inilah dapat kita ambil benang merah antara fungsi dan tujuan Koperasi dan Asuransi.

Dikutip dari majalah UKM, ed. 87, thn VIII, September 2013, mengatakan bahwa:

“Meskipun di Indonesia tidak ada koperasi yang bergerak di bidang asuransi namun pada kenyataannya banyak koperasi di Indonesia terutama yang bergerak di bidang simpan pinjam menyelenggarakan semacam share insurance dengan nilai pertanggungan yang relative kecil dengan dilakukannya melalui pengumpulan dana premi sendiri dan selanjutnya jika ada peminjam yang meninggal dunia dana tersebut langsung digunakan untuk melunasi sisa utang  anggota peminjam. Salah satu koperasi yang menjalankan share insurance adalah induk koperasi kredit (Inkopdit) dengan program Daperma – Dana Perlindungan Bersama” .

Menurut wacana yang telah ditulis didalam tulisan tersebut, bentuk share insurance ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya preminya murah dan hemat, sedangkan untuk kekurangannya apabila terjadi bencana missalnya maka dana yang dikumpulkan dari share insurance tersebut mengalami kesulitan untuk membayar dalam jumlah yang begitu besar.

Koperasi Kredit Pancur Kasih merupakan salah satu koperasi simpan pinjam terbesar yang terdapat di Indonesia. Koperasi Kredit Pancur Kasih juga telah menerapkan share insurance, sebagai perwujudan dari salah satu 3 pilar Credit Union yaitu Solidaritas. Seperti yang telah diketahui, CU Pancur Kasih memberikan solidaritas kepada anggotanya seperti SRI (Santunan Rawat Inap), SIMELDA (Santunan Ibu Melahirkan dan Anak, SOLKES (Solidaritas Kesehatan), PanaBas (Panamutn Bahata Subayatn), dan PEWARTA (Program Perlindungan Warisan Anggota).

Pelaksanaan Asuransi dalam bentuk Solidaritas di Koperasi Kredit sangat menguntungkan anggota. Koperasi Kredit tidak hanya dipandang sebagai sebuah lembaga untuk menabungkan uang saja tetapi juga memberikan perlindungan yang maksimal kepada anggotanya sehingga anggota merasa terlindungi dengan biaya-biaya yang akan dikeluarkannya (misalnya anggota sakit dan meninggal dunia). Dengan sikap solidaritas yang dimiliki Koperasi Kredit (CU) Pancur Kasih diharapkan bisa membangun sikap kepedulian diantara anggota-anggota yang mengalami musibah. “Barage CU Malangkah Repo”.(admin) 

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Saya adalah murid di salah satu SMA di kota Pontianak. Saat ini  saya kelas XI SMA. Saya berasal dari Kembayan, Kab. Sanggau. Saya dan orang tua hidup berpisah karena harus bersekolah jauh di Pontianak. Untuk memudahkan orang tua saya dalam mengirim uang setiap bulannya, saya masuk menjadi ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved