Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LainnyaRabu, 12 Februari 2014 - 10:42:12 WIB
Peranan Penting Credit Union dalam Masyarakat
Administrator | dibaca: 4429 Pembaca




Gerakan Koperasi Kredit dibentuk untuk menyediakan beberapa pinjaman yang berskala kecil bagi anggotanya. Bergabung bersama Koperasi Kredit (Credit Union) dalam masyarakat banyak sekali memberikan manfaat. Tidak hanya untuk memberikan kemudahan dalam memperoleh pinjaman modal usaha tetapi juga  untuk membiayai keperluan sekolah dan kuliah (misalnya simpanan SiPintar dan pinjaman pendidikan) serta membeli perlengkapan rumah tangga (misalnya pinjaman Serbaneka), dan bahkan untuk membiayai upacara pemakaman sanak keluarga yang telah meninggal (penggunaan solidaritas Panabas dan program Pewarta). 

Banyaknya pinjaman yang dilakukan oleh anggota membuat Koperasi Kredit menjadi semakin berkembang. Namun demikian, kemampuan anggota untuk mengembalikan pinjaman juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam perkembangan CU. Saat ini, tidak dapat dielakkan lagi bahwa banyak koperasi kredit / lembaga keuangan lainnya memiliki jumlah tunggakan anggota yang semakin menumpuk. Hal ini akan mengakibatkan “Boom” yang suatu saat nanti akan menghancurkan keseimbangan/kestabilan perkembangan CU, sehingga developer/anggota tertarik untuk memperpanjang batas pinjaman mereka dan ada kemungkinan lagi untuk meminjam di tempat lain ataupun pada lintah darat.

Seperti yang dikutip dari Irish Independent, ‘Credit unions must be allowed to fulfil vital role’ yang didalamnya mengatakan bahwa  “The most vitally important for the ethos of the credit union movement that it is able to continue its work, providing much-needed 'bridging finance' to families and individuals when they need it”, yang terpenting bagi insan pergerakan credit union adalah credit union dapat menjalankan visi dan misinya, menyediakan keperluan sebagai “jembatan keuangan” bagi keluarga dan individu ketika mereka memerlukan sejumlah uang.

Permasalahan tunggakan dalam hal kredit lalai anggota akan berpengaruh pada peningkatan resiko kredit yang akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pencairan pinjaman. Oleh sebab itu diperlukan sikap anggota yang aktif secara sadar untuk membuat Credit Union tetap aman, terutama untuk masa depan dan keberlangsungan usaha anggota credit union. Seperti yang telah kita ketahui, pemberian pinjaman yang diberikan oleh CU Pancur Kasih juga tidak melihat adanya pembatasan, asalkan anggota memiliki kemampuan untuk mengangsurnya kembali.

Credit Union merupakan pilihan terbaik bagi masyarakat terlebih kepada anggotanya untuk membantu mengembangkan usaha dan menyediakan kebutuhan dan keperluan keluarga, individu dan kelompok. CU Pancur Kasih akan memberikan pinjaman sefleksibel mungkin sesuai dengan kebutuhan anggota dan masyarakat pada umumnya.

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Saya adalah murid di salah satu SMA di kota Pontianak. Saat ini  saya kelas XI SMA. Saya berasal dari Kembayan, Kab. Sanggau. Saya dan orang tua hidup berpisah karena harus bersekolah jauh di Pontianak. Untuk memudahkan orang tua saya dalam mengirim uang setiap bulannya, saya masuk menjadi ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved