Kontak Kami (0561)881951

CU Pancur Kasih telah melaksanakan RAT Pleno TB 2013 pada 22 Februari 2014. RAT Pleno  berlangsung secara lancar di Grand Function Hotel Kapual Palace.  RAT Pleno TB 2013 dihadiri oleh semua Pengurus, Pengawas, Managemen dan pemegang kekuasaan / saham tertinggi pada koperasi yaitu perwakilan anggota. Sebanyak 568 orang peserta yang menghadiri RAT Pleno TB 2013 yang merupakan perwakilan dari 37 TP di seluruh wilayah Kalimantan Barat. RAT Pleno TB 2013 merupakan sebuah pertanggungjawaban CU Pancur Kasih untuk melaporkan kegiatan-kegiatan laporan keuangan, program kerja yang telah dilaksanakan pada tahun 2013. RAT Pleno TB 2013 kali ini bertepatan dengan Pemilihan Dewan Pengurus dan Badan Pengawas periode 2014 -2018.  Dan yang merupakan suatu kebanggaan CU Pancur Kasih karena sistem pemilihan Pengurus dan Pengawas dilakukan dengan Elektronik Voting (E-Voting).

RAT Pleno TB 2013 CU Pancur Kasih dihadiri oleh seluruh tamu undangan yang mewakili. Diantaranya Perwakilan Puskopdit Borneo, Thomas S.Pd, KAP (Kantor Akuntan Publik)  yang diwakili oleh Drs. Didik Eko Utomo, S.E, M.M dan Assisten II bagian Ekonomi Pem Prov Kalbar, Lensus Kandri, SH, MH, yang membacakan sambutan Gubernur Kalbar sekaligus diminta untuk membuka acara RAT Pleno TB 2013 CU Pancur Kasih. RAT Pleno TB 2013 CU Pancur Kasih mengusung tema ““Memperkuat Tata Kelola Eksternal untuk Menjadi Credit Union yang Tangguh dan Terpercaya”. Ketua panitia RAT pleno TB 2013 diketuai oleh Bapak Joseph Cupertino.

Dalam laporan ketua Panitia mengatakan bahwa panitia sudah berupaya maksimal menghubungi anggota potensial untuk menghadiri RAT Pleno TB 2013. Kopdit CU Pancur Kasih telah melaksanakan RAT TP yang telah dilaksanakan pada 7 -8 Februari 2014, secara keseluruhan undangan 5400 orang, namun yang hadir sebanyak 3685 orang, atau 68 % dari jumlah yang diharapkan. Selain itu ia  menambahkan bahwa akan diselenggarakan pemilihan Dewan Pengurus dan Badan Pengawas periode 2014 – 2018. Panitia RAT Pleno TB 2013 telah bekerjasama dengan panitia pemilihan Dewan Pengurus dan Badan Pengawas untuk menyukseskan pemilihan tersebut.

Dalam kata sambutan ketua umum CU Pancur Kasih, Dra. Norberta Yati Lantok, mengatakan bahwa pada tahun 2013 CU Pancur Kasih  telah melakukan AUDIT eksternal oleh Akuntan Publik yang independent. Ini dilakukan untuk memenuhi standarisasi lembaga keuangan yaitu diperlukan audit keuangan selain itu merupakan kebanggaan bagi CU Pancur Kasih supaya menjadi lembaga keuangan yang sehat. Ia manambahkan tantangan kedepan yaitu inovasi produk dan pelayanan yang berbasis IT (sesuai dengan perkembangan jaman yaitu era ICT dan Gen Y).

Thomas, S.Pd, perwakilan dari Puskopdit Borneo mengatakan, “Pesan dari panitia pencalonan kepada pengurus CU PK yang nanti terpilih untuk begitu menjabat segera memberikan rekomendasi yang diberi kepercayaan untuk menjadi calon pengurus dan calon pengawas untuk periode 2014 – 2018 sesuai kriteria yang telah dikirim oleh CUPK”. Supaya CU tetap ada untuk kedepannya, ia mengatakan bahwa CU harus bisa menyesuaikan diri dengan UU, PP dan kebijakan pemerintah , sehingga tetap sesuai dengan cita-cita luhur pendiri koperasi

Pada RAT Pleno TB 2013 CU Pancur Kasih menghadirkan salah satu Auditor dari Jakarta yaitu Drs. Didik Eko Utomo, S.E, M.M  sebagai perwakilan Kantor Akuntan Publik. Ia mengatakan bahwa auditor tidak menemukan adanya kekeliruan dan ketidakberesan serta kesengajaan rekayasa laporan pertanggungjawaban Pengurus CU Pancur Kasih tahun 2013. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi CU Pancur Kasih, karena selama memberikan pelayanan kepada anggota CU bisa membuktikan kesehatan lembaga.

Pembukaan RAT Pleno TB 2013 dibuka oleh Assisten II bagian Ekonomi Pem Prov Kalbar, Lensus Kandri, SH, MH, dengan pemukulan gong setelah membacakan sambutan dari Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, M.H. Acara juga dimeriahkan oleh sanggar Widya Pratama Tarigas, di bawah pimpinan Bapak Andreas Muhrotein, serta paduan suara Gli Angeli Cantano Choir, dibawah pimpinan Stefanus Beben Soeryamassoeka.

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas

Laporan pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas dipimpin oleh moderator, Oktavianus Kamusi, S.H. Laporan pertanggungjawaban masing-masing dibacakan oleh perwakilan Pengurus, Gabriel Marto, S.Pd, dan perwakilan Pengawas, Kerubinus Cilin Sievandu, S.Kom, M. Kom. Setiap laporan dijelaskan secara mendetail sehingga peserta sangat antusias dalam menyimak penjelasan laporan. Peserta RAT sangat kritis dalam memberikan kritik dan saran yang  membangun bagi kemajuan CU Pancur Kasih.

Dari Pembahasan LPJ Pengurus dan Pengawas dapat disimpulkan bahwa RAT TP tetap dilaksanakan disetiap tempat pelayanan, Pendidikan Dasar I tetap dilaksanakan selama 1 hari, penetapan jumlah SPO akan dikaji kembali oleh Dewan Pengurus sesuai dengan keputusan bersama, Solidaritas Kesehatan (Solkes) tetap ada di lembaga CU Pancur Kasih.