Kontak Kami (0561)881951

Ada berbagai alasan mengapa pengeluaran rumah tangga seringkali terasa amat boros. Bahkan, saat kita telah berusaha mengurangi semua pengeluaran untuk pengeluaran gyang berhubungan dengan aya hidup yang menjadi penyebab anggaran pengeluaran.

Jika Anda masih merasa boros dalam pengeluaran, pasti ada yang salah dalam pola kebiasaan gaya hidup sehari-hari. Sudah saatnya Anda mencari tahu apa yang menyebabkan anggaran bulanan seringkali boros sehingga mengganggu alokasi untuk keperluan lain. Sekarang ayo kita cermati hal-hal sepele yang sering membuat boros anggaran keluarga. Pelajari lebih lanjut!

1.Makan di luar

Anda mungkin sering merasa malas berbelanja sayur dan lauk untuk dimasak di rumah. Selain membuat lelah, memasak di rumah juga cukup menguras. Pada akhirnya Anda membeli makanan di luar yang hanya perlu dikonsumsi.

Mungkin bagi Anda untuk membeli makanan di luar sepele. Padahal kebiasaan ini adalah salah satu faktor yang membuat kekurangan keuangan keluarga. Misalnya dalam sekali makan Anda dan keluarga menghabiskan sekitar Rp. 50.000 dengan asumsi makan seharga Rp. 17.000 untuk tiga orang. Jika Anda mengalikan tiga kali makan, maka anggaran makanan harian Anda akan menghabiskan sekitar Rp.150.000.

Coba bandingkan jika Anda berbelanja sayur dan lauk untuk memasak sendiri di rumah. Rp.150.000 dapat digunakan selama tiga hari dengan lauk yang tentunya lebih bervariasi. Jadi, untuk mengurangi kebiasaan boros anggaran rumah tangga, Anda harus mulai berbelanja sayuran dan memasak sendiri.

2.Jarang membandingkan harga sebelum membeli sesuatu

Belanja untuk kebutuhan sehari-hari dapat dibeli di mana saja. Anda dapat membeli di supermarket, pasar mini, warung tetangga, grosir ke pasar tradisional. Setiap tempat belanja tentu menerapkan harga yang berbeda. Ada yang lebih mahal dan ada yang lebih murah.

Masalahnya, Anda sering malas membandingkan harga barang kebutuhan sehari-hari di tempat-tempat belanja di atas, bahkan sering membeli barang yang lebih mahal. Dan jika sesaat memeriksa harga pertama yang bisa dilakukan online, maka uang belanja Anda akan dihemat dari pemborosan.

3.Malas mematikan listrik dan keran air

Pernah terkejut ketika Anda mengetahui tagihan listrik dan PDAM pada akhir bulan membengkak? Ya, itu terjadi karena sesuatu yang dirasa sepele yaitu malas mematikan saluran listrik seperti mencabut charger, AC, televisi dan sering lupa mematikan keran air.

Jangan salah lho, kabel listrik masih tercolok dapat menyebabkan konsumsi daya yang cukup tinggi. Demikian juga, jika ada keran yang lupa ditutup meskipun meninggalkan tetesan kecil yang menyebabkan tagihan melambung pada akhir bulan. Jadi, kebiasaan sepele seperti ini harus dihentikan.

4.Malu menggunakan diskon dan promo

Kadang-kadang Anda mungkin ingin menikmati hidangan lezat di beberapa restoran terkenal. Makanan lezat biasanya dilakukan bersama keluarga setelah berjalan-jalan di mal atau selesai menonton film di bioskop. Jika Anda menghabiskan uang untuk menonton, berbelanja, dan makan dengan uang tunai tanpa menggunakan harga promo dan diskon, maka itu adalah kesalahan.

Bahkan, Anda bisa memanfaatkan banjir promo dan diskon yang diberikan oleh sejumlah perusahaan dompet digital seperti Gopay, Dana, LinkAja dan lainnya. Tak tanggung-tanggung, diskon dan promo yang diberikan kepada pengguna dompet digital bisa mencapai 50 persen, nah lho. Setidaknya dengan menggunakan dompet digital Anda bisa berbelanja dengan diskon hingga setengah harga.

5.Kebiasaan nongkrong di warkop

Warung kopi semakin menjamur ini tentu saja bisa mengubah gaya hidup Anda bersama pasangan. Belum lagi saat minum kopi, tentu harus ada camilan. Padahal kebiasaan kopi ini akan membuat keuangan Anda terganggu.

Nah, mulai sekarang, cobalah biasakan minum kopi dan camilan di rumah bersama keluarga. Bahan-bahannya bisa dibeli dengan mudah. Pada saat ini ada cukup banyak penjual kopi yang baik dan peralatan mereka yang dapat Anda miliki. Dan tentu saja ini akan menghemat pengeluaran Anda daripada terus nongkrong di luar.

Nah, 5 hal sepele di atas sering kali luput dari kesadaran kita walaupun jika perhitungannya tanpa kita sadari dapat menjadikan boncos anggaran rumah tangga dan boros. Sekarang, mulailah hidup hemat untuk masa depan yang lebih baik. Alih-alih sering nongkrong di warung kopi, lebih baik Anda menginvestasikan uang ditempat yang tepat. *(Daniel)