CUPK.org, Salah satu komitmen KSP CU Pancur Kasih adalah melakukan inovasi yang berdampak bagi kemudahan pelayanan bagi Anggota KSP CU Pancur Kasih. Salah satu inovasi tersebut adalah dibidang teknologi yaitu ATM (Automated Teller Machine/Anjungan Tunai Mandiri). Saat ini KSP CU Pancur Kasih sudah memiliki layanan ATM yang tersebar di beberapa daerah yaitu:

  1. TP. Siantan, Jalan 28 Oktober Blok A No. 1-7, Pontianak
  2. TP. Sungai Jawi, Jl. KHW. Hasyim No.195-196, Pontianak
  3. TP. Ngabang, Jl. Pemuda, Kec. Ngabang, Kab. Landak
  4. TP. Bengkayang, Jl. Basuki Rachmat No.242, Bengkayang

Kemajuan teknologi tersebut harus diiringi pengetahuan dan kewaspadaan dalam penggunaannya. Terutama untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, misalnya ATM digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Berikut ini kami bagikan beberapa tips untuk menjaga keamanan bertransaksi menggunakan ATM KSP CU Pancur Kasih.

1. Simpan kartu ATM di tempat yang aman

Pastikan anda menyimpan di dompet atau tas dengan posisi yang aman dan tidak mudah tercecer. Hindari juga kartu ATM bengkok dan patah, karena kartu akan rentan rusak dan tidak dapat digunakan untuk bertransaksi.

2. Pastikan keadaan mesin ATM dan lingkungan sekitar aman

Sebelum masuk ruangan ATM, pastikan keadaan disekitar aman dan tidak ada orang yang mencurigakan. Periksa pula kondisi mesin ATM, pastikan tidak ada terdapat alat-alat yang mencurigakan dan tidak normal yang terpasang pada mesin ATM. Jika dirasakan tidak aman dan mesin tampak mencurigakan, lebih baik batalkan transaksi anda demi keamanan. 

3. Jangan lupa mengambil kembali kartu dari slot mesin ATM

Selalu periksa kartu anda dan pastikan sudah diambil dari slot mesin ATM, karena jika lupa maka kartu akan secara otomatis tertahan di dalam mesin ATM. Jika hal ini terjadi segera hubungi petugas di Kantor Tempat Pelayanan terdekat.

4. Jangan beritahukan PIN kepada siapapun termasuk petugas CU

PIN hanya boleh diketahui oleh anda sendiri, tidak ada orang lain yang boleh mengetahuinya termasuk petugas CU. Rahasiakan dan siapkan PIN yang mudah diingat yang dapat digunakan untuk bertransaksi. Hindari penggunaan tanggal lahir sebagai PIN. Jika PIN lupa, maka segera hubungi petugas di Kantor Tempat Pelayanan terdekat untuk meminta reset PIN, dengan membawa Kartu ATM, KTP dan Buku Anggota.

5 . Simpan slip bukti transaksi

Slip transaksi menampilkan ringkasan transaksi, informasi nasabah dan informasi saldo, jadi sangat penting untuk diarsipkan dan sangat rahasia untuk jatuh ke tangan orang lain. Jika slip harus dibuang, buanglah pada tempat yang aman.

Demikian beberapa tips bertransaksi menggunakan ATM, selamat bertransaksi dan selalu perhatikan keamanan dalam bertransaksi. Barage CU Malangkah Repo. (es)

 

Foto dan Teks: Eko Salvinus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *