Strategic Planning TB 2020

CUPK.org, Singkawang. CU Pancur Kasih kembali mengadakan Strategic Planning yang berlangsung selama dua hari di Dayang Resort Singkawang. Hadir dalam kegiatan tersebut Penasihat, Pengurus, Pengawas, Top Managemen, Manager TP dan beberapa Kepala Bagian dan Staf Usaha Produktif. Rangkaian kegiatan dibuka dengan misa yang dipimpin oleh Pastor Alexius Alex.

Dalam pertemuan tersebut peserta dibagi kedalam beberapa kelompok diskusi diantaranya kelompok learning and growth, internal process, customer (anggota), financial dan ada kelompok Usaha Produktif juga kelompok Pengurus dan Pengawas. Masing masing kelompok sudah diberikan kisi-kisi oleh masing-masing pendamping dari Top Managemen berdasarkan SWOT yang sebelumnya sudah dibahas di Pra SP dan SPTP.

Hari Pertama diskusi berlangsung alot dan masing-masing peserta aktif memberikan ide dan solusi, dari pagi hingga malam hari. Pada hari kedua masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Perencanaan merupakan suatu pekerjaan mental yang memerlukan pemikiran, imajinasi dan kesanggupan melihat ke masa yang akan datang. Perencanaan juga sebagai awal kita melakukan proses managemen sebelum kita melakukan pengorganisasian, perngarahan dan pengontrolan.

Menurut George R. Terry mendefiniskan perencanaan adalah sebagai berikut: “planning is the selecting and relating of fact and the making and using of assumption regarding the future in the visualization and formulating of proposed activities believed necessary to achieve desired result”. Kegiatan Strategic Planning CU Pancur Kasih setiap tahun dilakukan, banyak ide-ide yang muncul terutama mengenai produk dan layanan. Terlebih bagaimana internalisasi lembaga bisa sejalan dengan praktek di lapangan. Anggota dilayani dengan lebih baik. Produk dan layanan juga lebih inovatif. Ke depan calon anggota yang tidak ada waktu untuk datang mengikuti pendidikan bisa menggunakan e-learning dan webinar.

Cukup banyak masukan, saran dan ide yang tercurahkan dalam kegiatan tersebut. Seluruh ide tersebut akan diolah sedemikian rupa untuk dijadikan program kerja yang nantinya akan menjadi panduan bekerja di tahun 2020. Dengan berakhirnya kegiatan Strategic Planning tersebut maka KSP CU Pancur Kasih optimis melangkah menuju tahun buku 2020. (JBA)

 

Teks: J. Budi Assa. ST Foto: Eko Salvinus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *