dana daruratMasa Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia tidak hanya memberikan dampak pada kesehatan saja. Pandemi Covid-19 ini juga menggangu kondisi sosial dan ekonomi masyarakat diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia per 31 Juli 2020 menyatakan lebih dari 3,5 juta orang baik pekerja sektor formal dan informal telah dirumahkan atau bahkan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat terdampak pandemi COVID-19 yang menyebabkan hilangnya sumber penghasilan. Melihat keadaan tersebut, ada baiknya kita mempersiapkan dana darurat sebelum kondisi darurat menimpa kita.

Pengertian Dana Darurat

Sebelum kita membahas lebih jauh, mungkin sebagian kamu belum mengetahui apa itu dana darurat? Berikut adalah penjelasan singkatnya mengenai pengertian dana darurat. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan dan disimpan sebagai bentuk antisipasi jika peristiwa/kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

Mengapa Dana Darurat itu penting disiapkan?

Dana darurat penting disiapkan karena bertujuan untuk membiayai kebutuhan yang tidak terduga atau ketika keadaan mendesak terjadi. Dana darurat juga menciptakan rasa aman kepada pemiliknya apabila dihadapkan dengan keadaan terburuk.

Siapa yang wajib memiliki dana darurat?

Yang wajib memiliki dana darurat adalah setiap individu, terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga/tanggungan.

Berapakah besar dana darurat yang harus dimiliki?

Besar dana darurat yang harus dimiliki berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung pada beberapa faktor antara lain: jumlah penghaslan dan besar pengeluaran rutinnya. Idealnya besar dana darurat adalah sebesar 6 hingga 12 kali besar pengeluaran per bulan. Yang artinya ketika seseorang kehilangan sumber penghasilan utamanya, setidaknya dia masih bisa bertahan hingga mendapat pekerjaan baru selama 6 hingga 12 bulan tanpa sumber penghasilan (murni bertahan menggunakan dana darurat). Oleh karena itu jika memiliki kemampuan untuk mempersiapkan dana darurat lebih dari 12 bulan akan lebih baik.

Rincian keperluan dana darurat bisa dilihat sebagai berikut:

  • Belum Menikah: 6 kali pengeluaran bulanan
  • Sudah Menikah: 9 kali pengeluaran bulanan
  • Sudah menikah & memiliki anak: 12 kali pengeluaran bulanan

Waktu yang tepat mengumpulkan dana darurat

Dana darurat harus dikumpulkan sesegera mungkin. Kapan waktunya? Kapanpun kamu membaca artikel ini, sekarang adalah waktu yang tepat. Karena kita tidak pernah tahu kapan kejadian terburuk itu datang menghampiri.

Cara mempersiapkan dana darurat

Buat anggaran belanja keluarga

Buat anggaran belanja keluarga dengan terperinci, mulai dari tabungan, biaya hidup, kewajiban, dana hiburan dan dana darurat.

Mengetahui besar pengeluaran bulanan

Cara mengetahui besar pengeluaran adalah dengan mencatat semua pengeluaran bulanan secara rutin dan detail. Setelah itu kamu akan emndapatkan berapa besar pengeluaranmu setiap bulan.

Cara mengumpulkan dana darurat

Gunakan rekening tabungan khusus untuk dana darurat, jangan dicampur dengan rekening yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kumpulkan sekaligus jika mampu namun jika belum mampu sekaligus, dapat juga dikumpulkan secara bertahap dan konsisten.

Kapan dana darurat boleh digunakan?

Coba jawab 4 pertanyaan ini, jika semua jawaban adalah “Ya”, maka dana darurat dapat digunakan.

  1. Apakah hal ini bersifat darurat, mendesak, dan tidak diperkirakan sebelumnya?
  2. Apakah hal ini merupakan suatu kebutuhan?
  3. Apakah hal ini harus segera dibayarkan?
  4. Apakah hal ini sangat penting dan berpotensi mengganggu kehidupan Anda?

Kondisi yang memerlukan dana darurat

  • Biaya berobat
  • Bencana alam
  • Kehilangan sumber penghasilan
  • Perbaikan kendaraan
  • Renovasi rumah yang sifatnya darurat

Jika dana darurat terpaksa digunakan, sebaiknya ketika keadaan sudah membaik dana darurat tersebut dikembalikan lagi untuk mengantisipasi keadaan darurat lainnya.

Rekening penampung dana Darurat

CU Pancur Kasih memiliki simpanan yang cocok sebagai tempat untuk menampung dana darurat yaitu Pangari (Simpanan Bunga Harian). Pangari dapat ditarik sewaktu waktu jika ada keperluan darurat. Pangari juga dapat menggunakan fasilitas ATM dan CUPK Mobile, yang artinya dana di Simpanan Pangari dapat digunakan kapanpun melalui ATM dan CUPK Mobile. Saldo minimal hanya sebesar Rp25.000. Balas jasa Pangari sebesar 3,75% p.a (dapat berubah sewaktu-waktu sesuai keputusan Pengurus).

Segera buka rekening Pangari untuk mempersiapkan dana daruratmu sekarang.

 

Sumber referensi:

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/baca-artikel/13573/Mari-Persiapkan-Dana-Darurat.html